Find Us On Social Media :

Tawarkan ‘Makanan Terakhir’ pada Tubuh Kaku yang Dikelilingi Bunga, Inilah Ritual Antyesti, Tradisi Pemakaman dan Berkabung Hindu di India

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Ritual Antyesti, tradisi pemakaman dan berkabung Hindu di India.

Intisari-Online.com – Setiap agama memiliki tradisi pemakaman dan berkabung yang unik yang memandu orang berduka melewati rasa kehilangan mereka.

Dalam agama Hindu, ritual pemakaman dikenal dengan antyesti, yang diterjemahkan sebagai ‘pengorbanan terakhir’, yang memiliki gagasan bahwa tubuh dan jiwa adalah entitas yang berbeda.

Meskipun adat istiadat bervariasi di antara sekte dan kelompok yang berbeda, namun kepercayaan umum adalah ketika seseorang meninggal, maka tubuh mereka mati sementara jiwa mereka terus bereinkarnasi.

Konon, reinkarnasi itu sendiri bukanlah tujuan akhir.

Tujuan akhirnya adalah menjadi satu dengan Brahman, keilahian yang kehadirannya mendiami segala sesuatu.

Ritual pemakaman Hindu bertujuan untuk melepaskan jiwa dari tubuh sehingga memungkinkannya melanjutkan perjalanan penting itu.

Keyakinan itu dianut oleh lebih dari 1 miliar orang, karena Hindu adalah agama terbesar ketiga di dunia, juga salah satu yang tertua, sekitar empat milenium.

Lalu, bagaimana ritual pemakaman Hindu itu?

Bagian pertama dari pemakaman Hindu berlangsung di rumah.

Biasanya, anggota keluarga membasuh tubuh orang yang mereka cintai dengan kombinasi yogurt, susu, ghee, dan madu, lalu mengoleskan minyak esensial ke kepala mereka, dan mendandani dengan kain putih.

Kain merah digunakan untuk pemakaman wanita yang sudah menikah yang suaminya masih hidup.

Mereka yang sedang mempersiapkan tubuh juga menempatkan tangan orang yang mereka cintai dalam posisi telapak tangan bersama-sama dan mengikat jempol kaki mereka bersama-sama.