Find Us On Social Media :

Inilah Benteng Babilonia yang di Dalamnya Terdapat Museum Koptik, Serupa Benteng Romawi di Eropa dan Afrika Utara, Dibangun oleh Nebukadnezar untuk Mengasingkan Orang Yahudi dari Kehancuran

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Benteng Babel, yang dibuat Nebukadnezar untuk mengasingkan orang-orang Yahudi dari kehancuran.

Intisari-Online.com Benteng Babel atau Babilonia, di dalamnya didirikan Museum Koptik.

Mulanya kecil, tetapi Kaisar Arcadias memperbaruinya dan memperbesar beberapa bagiannya pada tahun 395 M.

Sejarawan klasik sepakat bahwa benteng itu mengambil namanya dari kota tempat dibangunnya yang disebut Babel, mungkin berasal dari nama Mesir Kuno atau tempat dewa Hapi di Heliopolis.

Tetapi menurut sejarawan Diodorus, para tawanan perang yang ditangkap oleh Ramses II tidak mematuhinya dan menduduki benteng Habnin di sisi sungai menuju Memphis di utara.

Mereka bertempur dengan provinsi-provinsi terdekat dan mereka tidak berhenti berjuang sampai Ramses memberi mereka kebebasan dan keamanan.

Akhirnya, mereka mematuhinya dan menjadi tenang ketika dia mengizinkan mereka untuk tinggal di wilayah yang mereka sebut Babel, atas nama ibu kota negara asal mereka.

John Bishop dari Nikius pada abad ke-7 M menulis tentang benteng ini sebagai berikut:

Nebukadnezar membangun di tempat ini sebuah benteng tua dan dia menyebutnya benteng Babel, setelah penaklukannya atas Mesir, dan setelah mengasingkan orang-orang Yahudi ke sana, di kebangkitan dari kehancuran Yerusalem.

Tetapi sejarawan Arab mengatakan, benteng yang sekarang dibangun sebagai pengganti benteng Babel yang dibangun oleh Persia di dekat sini di puncak gunung dan Romawi menyelesaikannya.

Tidak diragukan lagi, benteng ini menyerupai Benteng Romawi di Eropa dan Afrika Utara dan dari sana kita dapat memahami konstruksinya. Itu dibangun oleh batu kapur dan batu merah.

Dinding menara tingginya sekitar 18m, dan diameternya 31 m, ketebalan dindingnya sekitar 3m, lantai benteng lebih rendah dari ketinggian St. George Street sebesar 6 meter, dan itu karena akumulasi selama berabad-abad.

Pintu masuk eksterior Museum Koptik dibangun di gerbang barat benteng, melansir Egy King