Find Us On Social Media :

Legenda Sirrush ‘Ular Glamor’ Ampuh yang Jaga Marduk, Makhluk Penjaga Loh Nasib Babilonia Pengganti Dewa, Benarkah Makhluk Hibrida ini Benar-benar Ada?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 18 Mei 2022 | 10:20 WIB

Legenda Sirrush, 'ular glamor' yang jaga loh nasib Babilonia. Apakah benar-benar ada?

Intisari-Online.comSirrush (Mushrush, Mushrushu) adalah makhluk hibrida yang digambarkan di gerbang Ishtar di Babilonia.

Makhluk ini menyerupai naga atau griffin, dan itu adalah gambar paling terkenal dari makhluk ini, ditampilkan di dinding dan gerbang jalur prosesi di Babilonia.

Sirrush memiliki kepala ular bertanduk, tubuh ular bersisik, leher panjang dan ekor panjang, serta sisik.

Leher bersisik ramping memiliki kepala ular dengan tanduk dan lidah bercabang panjang.

Karena ubin menunjukkan tampilan samping, maka hanya satu tanduk yang dapat dilihat, tetapi dua tanduk ditampilkan dengan jelas dalam penggambaran lainnya, dengan kelopak kulit menutupi telinga.

Kaki makhluk itu luar biasa dan agak tidak biasa, dengan kaki depan adalah kaki keluarga kucing, mungkin macan tutul atau macan kumbang.

Sementara kaki belakangnya besar dan seperti burung, dengan empat jari kaki dan ditutupi sisik.

Hewan ini identik dengan komodo yang menjaga Marduk dan dianggap sebagai salah satu simbolnya.

Nama ‘sirrush’ yang diterakan pada makhluk in iberasal dari kata Akkadia, yang secara kasar diterjemahkan sebagai ‘ular yang luar biasa’.

Para peneliti awal kemungkinan besar salah membaca nama dan sejak itu, ‘sirrush’ digunakan sebagai nama paling umum untuk menamakan makhluk ini.

Ada juga variasi lain dari namanya seperti Mushussu (ular ganas), naga Musrussu, Sirrusu.

Arkeolog Jerman Robert Koldewey, yang menemukan Gerbang Ishtar selama penggaliannya dari tahun 1899 hingga 1917, yakin bahwa 'Sirush' benar-benar ada.