Find Us On Social Media :

Kini Menetap di California, Beginilah Potret Menarik dari Suku Hupa, Suku Asli Amerika

By Mentari DP, Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Suku Hupa asli Amerika Serikat (AS).

Intisari-Online.com - Pernahkah Anda mendengar suku Hupa?

Rupanya suku Hupa merupakan salah satu suku asli Amerika Serikat (AS).

Namun suku Hupa berasal dari kelompok etnolinguistik berbahasa Athabaskan, di mana mereka bermigrasi ke California utara sekitar 1000 CE dan menetap di Hoopa Valley, California.

CE adalah Common Era, ini merupakan notasi tahun untuk kalender Gregorian, era kalender yang paling banyak digunakan di dunia.

Dilansir dari thevintagenews.com pada Minggu (7/8/2022), Hupa menyebut diri mereka Natinixwe, yang dieja Natinook-wa.

Itu berarti ”Orang-Orang dari Tempat Jejak Kembali”.

Tanah Hupa terbentang dari Fork Selatan Sungai Trinity ke Lembah Hoopa, ke Sungai Klamath di California.

Ruang istirahat mereka berupa rumah papan kayu cedar merah, dan elemen lain dari literatur lisan mereka mengidentifikasi Hupa dengan asal utara mereka.

Sementara beberapa kebiasaan yang mereka praktikkan, termasuk pembuatan roti biji pohon ek dan pondok keringat tradisional untuk upacara, diadopsi dari suku tetangga dari California.

Sebelum Demam Emas California (ketika sejumlah orang pergi ke pegunungan di California untuk menemukan emas) tahun 1849 membawa intrusi penambang pencari emas ke tanah mereka, Hupa memiliki kontak terbatas dengan orang non-pribumi.

Pada tahun 1864, pemerintah Amerika Serikat (AS) secara resmi mengakui kedaulatan suku Hupa atas tanah mereka dan menandatangani sebuah perjanjian.