Find Us On Social Media :

Rumor Perang dengan Taiwan Makin Memanas, China Kepergok Citra Setelit Sembunyikan Hingga Uji Coba Senjata Berbahaya Ini di Sebuah Gurun , Inilah yang Terungkap Sejauh Ini

By Afif Khoirul M, Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:25 WIB

China diduga lakukan ujicoba militer rahasia di tempat ini.

Intisari-online.com  - China diyakini akan memperluas fasilitas pengujian nuklir di Xinjiang, menurut analisis citra satelit baru yang diperoleh Nikkei.

Banyak tempat perlindungan telah didirikan di lereng gunung dekat Lop Nur.

Sebuah danau air asin yang mengering di tenggara Xinjiang, sementara pecahan batu telah menumpuk di dekatnya, majalah Jepang Nikkei melaporkan pada 1 Agustus.

Ini adalah tanda-tanda bahwa China sedang menggali terowongan keenam untuk uji coba nuklir.

Uji coba nuklir terakhir China di daerah itu adalah pada 29 Juli 1996, lebih dari seperempat abad yang lalu.

Situs ini juga baru saja memasang kabel listrik dan membangun fasilitas baru yang dapat digunakan sebagai fasilitas penyimpanan bahan peledak tinggi.

Jalan tanah putih yang memancar ke berbagai arah berasal dari pos komando, menurut Nikkei.

Tanda-tanda konstruksi baru China di fasilitas uji coba nuklir ditangkap oleh satelit yang terbang di ketinggian 450 km.

Baca Juga: Mentang-Mentang Punya Senjata Nuklir, Kim Jong-Un Sesumbar Akan Musnahkan Pemerintahan Korea Selatan Beserta Militernya, Bagaimana Caranya ?

Banyak analis percaya bahwa situs uji coba nuklir rahasia ini dikelola oleh militer China, menurut Nikkei.

"China dapat melakukan tes terkait nuklir kapan saja. Listrik dan jalan telah menghubungkan fasilitas pengujian nuklir di barat Lop Nor dengan apa yang bisa menjadi tempat uji coba baru di timur," kata seorang ahli di AllSource Analysis, sebuah perusahaan swasta di bidang geospasial Inggris, kepada Nikkei.

Ahli meminta untuk tetap anonim karena sifat sensitif dari masalah ini.