Find Us On Social Media :

Misteri Hilangnya Ratu Anglo-Saxon Cynethryth Mungkin Segera Dipecahkan Oleh Arkeolog dengan Temuan dari Situs Biara di Sepanjang Rute Sungai Thames

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 3 Agustus 2022 | 08:20 WIB

Ratu Anglo-Saxon Cynethry

Intisari-Online.com – Para arkeolog memulai sebuah proyek baru untuk mengungkap rahasia salah satu ratu Anglo-Saxon yang paling kuat di Inggris dan biara yang dia pimpin, dalam penggalian baru selama tiga tahun di Cookham, Berkshire.

Proyek yang dimulai pada 1 Agustus, itu akan berlanjut sebagai sekolah lapangan arkeologi University of Reading, yang membantu melatih arkeolog berikutnya, termasuk mahasiswa arkeologi dan sukarelawan lokal.

Penggalian baru berada di situs biara yang dipimpin oleh Ratu Cynethryth yang berkuasa, memerintah Kerajaan Mercia bersama suaminya Raja Offa pada akhir abad ke-8.

Lebih dari dua puluh biara didirikan di sepanjang rute Sungai Thames dari sumbernya ke mulutnya pada periode Anglo-Saxon.

Tetapi hampir tidak ada situs ‘di jalan raya super monastik’ itu yang menjadi sasaran penyelidikan arkeologi Anglo-Saxon.

Sekolah Lapangan di Cookham memberikan pandanngan pertama yang nyata tentang penampilan dan aktivitas sehari-hari dari sebuah biara Thames.

Situs biara itu ditemukan kembali oleh para arkeolog Reading pada musim panas 2021 dalam sebuah penggalian eksplorasi, tetapis sekarang tim tersebut kembali untuk eksplorasi penuh situs tersebut selama tiga tahun.

Situs di sebelah halaman gereja di desa Cookham, dekat Maidenhead, akan menjadi sasaran penggalian tahunan skala besar yang melibatkan siswa Reading.

Ratu Cynethryth jauh lebih berpengaruh daripada ratu lain dari periode Anglo-Saxon, dan yang pertama memiliki koin yang dicetak dengan gambarnya.

Penggalian baru ini diharapkan dapat mengungkap bukti langsung pengaruh Cynethryth,  seperti koin yang memuat gambarnya,  atau sisa-sisa Cynethryth sendiri, yang diyakini terkubur di dalam pekarangan biara.

Dr Gabor Thomas, arkeolog University of Reading yang memimpin penggalian tahun 2021 dan direktur sekolah lapangan Cookham, mengatakan, “Biara yang dulunya kuat ini telah tersembunyi selama berabad-abad, yang menjadikannya prospek yang sangat baik untuk penemuan yang akan memberikan petunjuk tentang Anglo. Kehidupan Saxon di wilayah Inggris yang relatif belum dijelajahi.

Menurutnya, ini menjadi kesempatan berharga untuk membuka jendela ke dalam periode penting sejarah Inggris, serta memberi para arkeolog masa depan kesempatan untuk melatih keterampilan mereka, dan berpotensi memainkan peran utama dalam salah satu penggalian arkeologi di Inggris.