Find Us On Social Media :

Sejarah Kereta Api Indonesia yang Terlupakan, Ada Tragedi Kecelakaan yang Mengerikan

By Khaerunisa, Senin, 1 Agustus 2022 | 16:00 WIB

Tragedi tabrakan kereta api uap di Magelang tahun 1943.

Intisari-Online.com - Inilah beberapa sejarah kereta api Indonesia yang terlupakan.

Sejarah kereta api Indonesia sendiri dimulai pada tahun 1864 dengan pembangunan jalur kereta api pertama di Pulau Jawa, yaitu jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden di Desa Kemijen.

Peristiwa pencangkulan pertama terjadi pada tahun 1864, tepatnya pada 17 Juni tahun itu.

Peristiwa itu menandai dimulainya pembuatan jalur kereta api pertama relasi Solo Yogyakarta oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. LAJ Baron Sloet van de Beele.

Pembangunan jalur kereta api itu dilaksanakan oleh perusahaan swasta Naamlooze Venootschap Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) .

Sementara Pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api negara melalui perusahaan bernama Staatssporwegen (SS) pada 8 April 1875, dengan rute pertama yang dikerjakan oleh SS adalah Surabaya-Pasuruan-Malang.

Selanjutnya, tercatat berbagai peristiwa penting dalam sejarah kereta api Indonesia hingga seperti sekarang ini.

Berbagai peristiwa penting dalam sejarah kereta api Indonesia juga melahirkan tempat-tempat bersejarah bagi perkembangan kereta api di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Singkat Kereta Api Indonesia, Jalur Kereta Api Pertama Mulai Dibangun pada 158 Tahun Lalu

Baca Juga: Sejarah Stasiun Kereta Api Bandung: Ini Latar Belakang Pembangunannya, Sampai Dikerjalan Malam Hari Agar Cepat Selesai

Namun, ada sejumlah situs bersejarah hingga peristiwa bersejarah terkait perkerataapian Indonesia yang terlupakan.

Beberapa di antaranya adalah situs bersejarah Terowongan Wilhemina, Jembatan Cincin, hingga peristiwa kecelakaan kereta api uap yang terjadi di Magelang.