Find Us On Social Media :

Mengenal Apa itu ANBK yang Tidak Lagi Mengevaluasi Capaian Peserta Didik Secara Individu, Ini Pelaksanaan di Tahun 2022, Jadwal untuk Jenjang SMA, SMP, dan SD Sederajat

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 27 Juli 2022 | 08:45 WIB

Pelaksanaan ANBK di tahun 2021. Lihat jadwal pelaksanaan ANBK tahun 2022 berikut.

Intisari-Online.com – Mengenal apa itu ANBK? ANKB merupakan kepanjangan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

ANBK merupakan moda pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) secara daring atau semi daring.

ANBK merupakan bagian dari proses pemetaan mutu sistem pendidikan di Indonesia, yang akan menilai sekaligus mengevaluasi.

Menurut laman resmi Pusmendik Kemendikbud, tujuan utama AN adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

AN tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBK), tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan perubahan mendasar pada AN adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Pemetaan mutu sistem pendidikan ini dilakukan pada satuan pendidikan dasar dan menengah baik di jenjang SMA, SMP, maupun SD sederajat.

AN yang dilakukan terdiri dari tiga bagian instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Instrumen penilaian ANBK

Instrumen penilaian ANBK yang terdiri dari tiga bagian, berikut ini penjelasannya.

1. Asesmen Kompetisi Minimum (AKM)

AKM akan diikuti oleh peserta didik yang bertujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.