Find Us On Social Media :

5 Tahun Terakhir Makin Ugal-ugalan, Jenderal AS Memperingatkan Ancaman China dalam Kunjungan ke Indonesia: 'Terasa Lebih Agresif'

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 25 Juli 2022 | 15:14 WIB

(Ilustrasi) Xi Jinping dan PLA.

Intisari-Online.com - Perwira tinggi militer AS Mark Milley mengungkap bahwa dalam 5 tahun terakhir ini, China semakin agresif.

Hal itu dilontarkannya selama kunjungan ke Indonesia dalam rangkaian perjalanan ke Indo-Pasifik pada Minggu (24/7/2022) sebagaimana diwartakan Kompas.com

“Pesannya adalah militer China, di udara dan di laut, telah menjadi jauh lebih agresif dan terasa lebih agresif di wilayah tertentu ini,” kata Milley sebagaimana dilansir AP pada Minggu (24/7/2022).

Jenderal AS itu baru-baru ini juga diketahui meminta stafnya mengumpulkan rincian tentang interaksi antara China dan AS dan lainnya di wilayah Pasifik.

Menurutnya, ada penyadapan China dengan Jepang, Kanada, Australia, Filipina dan Vietnam.

Mereka semua, kata dia, telah melihat peningkatan “signifikan secara statistik” dalam penyadapan, dan jumlah insiden yang tidak aman telah meningkat dengan “proporsi yang sama.”

Ancaman terus-menerus AS 

Pemerintahan Biden menganggap China sebagai "ancaman terus menerus" dan tantangan keamanan jangka panjang utama AS.

Perjalanan Milley ke Indo-Pasifik sangat terfokus pada ancaman China.

Para pejabat militer AS juga telah memperingatkan tentang kemungkinan bahwa China dapat menyerang Taiwan, pulau demokratis yang memiliki pemerintahan sendiri, yang dipandang Beijing sebagai provinsi yang memisahkan diri.

China telah meningkatkan provokasi militernya terhadap Taiwan, dan dilihat sebagai bentuk intimidasi untuk memaksa Taiwan bersatu dengan daratan komunis.