Find Us On Social Media :

Bukan Rusia, China Justru Tuduh Negara Inilah yang Patut Disalahkan Atas Konflik di Ukraina, 'Berhenti Jadi Polisi Dunia'

By Tatik Ariyani, Rabu, 20 Juli 2022 | 15:24 WIB

Presiden China Xi Jinping

Intisari-Online.com - Serangan Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari 2022 telah memasuki hari ke-146 pada Selasa (19/7/2022).

Pada perang Rusia-Ukraina hari kemarin, beberapa hal baru masih terjadi 'mewarnai' perseteruan kedua negara.

Di medan perang, Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah menembakkan rentetan rudal jelajah ke daerah sekitar pelabuhan selatan Odessa dan melukai sedikitnya enam orang termasuk seorang anak.

Panjangnya masa perang Rusia-Ukraina lantas membuat China menyalahkan satu negara ini sebagai penyebabnya dan menurut China bukanlah Rusia.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China menuduh Amerika Serikat (AS) memulai krisis di Ukraina dan memicu konflik.

Melansir Russian Today, Selasa (19/7/2022), Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers reguler pada hari Selasa bahwa Washington harus berhenti bermain "polisi dunia" dan bekerja untuk menciptakan kondisi untuk pembicaraan damai sebagai gantinya.

Zhao juga ditanya tentang pernyataan baru-baru ini oleh juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price, yang mengancam China dengan “biaya yang sangat mahal” jika Beijing membantu Moskow menghindari sanksi Barat – meskipun tidak ada bukti bahwa China benar-benar melakukannya.

Menuduh Price terdengar “seolah-olah AS adalah polisi dunia,” Zhao mengatakan bahwa China “mengambil sikap yang objektif dan adil dan berdiri di sisi perdamaian dan keadilan” ketika berkaitan dengan Ukraina.

"Sebagai pihak yang memulai krisis Ukraina dan faktor terbesar yang memicunya, AS perlu merenungkan secara mendalam tindakannya yang salah dalam memberikan tekanan ekstrem dan mengobarkan api pada masalah Ukraina."

“Kami dengan tegas menentang kecurigaan, ancaman, dan tekanan yang tidak beralasan yang menargetkan China. Kami juga dengan tegas menentang sanksi ilegal sepihak dan yurisdiksi jangka panjang tanpa dasar hukum internasional,” kata Zhao.

Washington perlu “berhenti memainkan konfrontasi blok dan menciptakan Perang Dingin baru dengan mengambil keuntungan dari situasi tersebut,” tambah Zhao.

Ia mendesak AS untuk “memfasilitasi penyelesaian krisis yang tepat dengan cara yang bertanggung jawab dan menciptakan lingkungan dan kondisi yang dibutuhkan untuk pembicaraan damai antara pihak-pihak terkait.”