Find Us On Social Media :

Berusia 200 Tahun, Penjelajah Temukan Tambang yang Tak Tersentuh Sejak Saat Ditinggalkan di Barat Laut Inggris dengan Mangkuk yang Digunakan Sebagai Tanda Terima Takhayul

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 24 Juli 2022 | 14:00 WIB

Berusia 200 tahun, penjelajah temukan tambang yang tak tersentuh semenjak ditinggalkan.

Intisari-Online.com – Ditemukan di barat laut Inggris, tambang kobalt ini terpelihara sempurna karena kekurangan oksigen.

Anggota Derbyshire Caving Club telah menemukan tambang kobalt di Cheshire, Inggris, yang beroperasi pada awal abad ke-19.

Tertutup dari oksigen, situs tersebut berisi ‘kapsul waktu’ artefak dari hari para pekerja meninggalkannya.

Hal itu menjelaskan gambaran penambangan itu sekitar 200 tahun yang lalu, demikian pertnyataan dari National Trust, yang memiliki situs tersebut.

Sejak Zaman Perunggu, kota kecil Alderly Edge telah menjadi tujuan penambangan.

Sementara klub caving, yang telah menyewa tambang sejak tahun 1970-an, telah menemukan tambang lain di masa lalu, tambang yang baru ditemukan itu dalam "kondisi murni," kata anggota klub caving Ed Coghlan dalam pernyataannya.

“Tambang ini tidak pernah diganggu oleh penambangan selanjutnya, tidak pernah dibobol oleh anak-anak di tahun 1960-an, tidak diisi dengan botol atau sampah lainnya,” Jamie Lund, seorang arkeolog National Trust, mengatakan kepada Esther Addley dari Guardian.

“Ini benar-benar kapsul waktu dalam hal memberikan pandangan sekilas ke lingkungan yang ditemui para penambang ini, yang mengekstraksi kobalt.”

Artefak yang ditemukan di tambang termasuk sepatu, pipa tanah liat, dan mesin kerek, sejenis winch yang akan digunakan untuk mengangkat benda berat.

Pada pegangan pegangan tanah liat, sidik jari para penambang masih terpelihara, seperti bekas celana korduroi seorang penambang yang bersandar di dinding.

“Seseorang telah menandatangani atapnya,” kata salah satu penjelajah gua, melihat inisialnya, dalam sebuah video. "Itu sangat bagus darinya."

Namun, tidak ada yang melacak informasi lebih lanjut tentang ‘WS’ yang misterius.