Find Us On Social Media :

Berusia 10.000 Tahun, Gua Tersembunyi di Bawah Kastil Pembroke di Wales Inggris Ini Simpan Rahasia dari Zaman Batu, Diketahui dengan Penemuan Tulang Rusa Berikut Ini

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 17 Juli 2022 | 16:05 WIB

Gua Wogan di bawah Kastil Pembroke yang menyimpan rahasia Zaman Batu.

Intisari-Online.com – Sebuah tim arkeolog menemukan tulang rusa kutub dan mamut berbulu di gua batu kapur yang tersembunyi di bawah Kastil Pembroke.

Kastil itu berdiri di situs yang telah ditempati setidaknya sejak zaman Romawi, dan merupakan salah satu landmark kuno terbaik di Wales.

Banyak yang percaya bahwa struktur dunia kuno yang mengesankan ini menyimpan rahasia yang berasal dari Zaman Batu.

Gua Wogan, gua tersembunyi yang ditemukan itu, digali oleh tim arkeolog yang berharap dapat mengungkap bukti tentang bagaimana gua itu digunakan oleh manusia dan hewan Zaman Es ribuan tahun yang lalu, melansir WalesOnline.

Para arkeolog yang dipimpin oleh Dr Rob Dinnis dari University of Aberdeen dan Dr Jenni French dari  University of Liverpool, bertujuan untuk mengungkapkan bagian-bagian gua yang masih tidak terganggu selama lebih dari 10.000 tahun

Dimulai pada musim panas 2021 setelah Dr Dinnis dan John Boulton dari Devon Spelaeological Society, menduga adanya beberapa petunjuk berharga dari peradaban manusia purba yang disembunyikan di bawah lapisan bumi di bawah Kastil Pembroke.

Kecurigaan mereka terbukti benar ketika menemukan tulang rusa dan mammoth berbulu yang menunjukkan bahwa itu mungkin tempat penting untuk periode Mesolitikum.

Kastil Pembroke memiliki sejarah yang panjang dan menarik, dapat bertahan dari pengepungan yang lama oleh Welsh, meskipun para pembelanya hampir kelaparan.

Peninggalan akhir abad ke-12 itu merupakan fitur luar biasa dan kebaruan arsitektur, karena struktur kuno ini memiliki menara silinder besar dengan kubah batu yang tidak biasa.

Tempat kastil Pembroke yang strategis di jalur air Milford Haven menjadikan kastil ini titik keberangkatan utama ke Irlandia dan melihat Henry II danRaja John melewati pintunya dalam perjalanan mereka.

Akses mudah dengan perahu ke mulut gua juga menjadikannya gudang yang sempurna dan gudang kapal yang mungkin selama Abad Pertengahan.