Find Us On Social Media :

Pantas Malaysia Langsung Panik Ketika Indonesia Ancam Hentikan Pengiriman TKI, Rupanya Imbasnya Tak Main-main Bagi Negeri Jiran, Begini Ekonominya Tanpa Tenaga Kerja Indonesia

By Afif Khoirul M, Sabtu, 16 Juli 2022 | 16:54 WIB

Bendera Malaysia.

Intisari-online.com - Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia dihentikan sementara oleh Indonesia.

Termasuk ribuan yang sudah direkrut oleh sektor perkebunan, karena pelanggaran dalam kesepakatan perekrutan pekerja yang ditandatangani antara kedua negara.

Pembekuan ini adalah yang terbaru bagi Malaysia, produsen minyak sawit terbesar kedua dunia dan mata rantai utama pasokan global.

Kini, negeri Jiran menghadapi kekurangan sekitar 1,2 juta pekerja yang dapat menggagalkan pemulihan ekonominya.

Berbicara pada Reuters, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Malaysia Hermono mengatakan pembekuan itu diberlakukan setelah otoritas imigrasi Malaysia.

Diketahui terus menggunakan sistem rekrutmen online untuk pekerja rumah tangga, yang telah dikaitkan dengan tuduhan perdagangan manusia dan kerja paksa.

Hal ini menjadi penyebab, Indonesia melakukan pembekuan sementara pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia.

Ini membuat Malaysia panik dan langsung melakukan tindakan.

Baca Juga: Sebabkan 149 Orang Indonesia Tewas di Malaysia, Terkuak Kekejaman Otoritas Imigrasi Malaysia, Kurung Ratusan Imigran Dalam Kondisi Tak Manusiawi, Sampai Disebut Mirip Zaman Kolonial

Seperti diwartakan Tribunnews, Anggota Parlemen Malaysia oposisi Lim Guan Eng, mendesak Perdana Menteri Datuk Seri Ismain Sabri Yaakop untuk bertindak.

Dia didesak mengambil alih langsung pembicaraan bilateral dengan Indonesia, untuk menyelesaikan kekuaran pekerja di negara tersebut.

Menurutnya, intervensi langsung ini bisa meyakinkan Indonesia, untuk mencabut pembekuan pengiriman TKI ke Malaysia.