Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Terjadi Seperti Komedian Rini S Bon Bon, Kenali 10 Tanda Kadar Gula Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Segera Kelola Diabetes agar Tidak Terjadi Komplikasi

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 13 Juli 2022 | 11:45 WIB

Selalu merasa lelah, bisa jadi salah satu tanda kadar gula darah tinggi

Intisari-Online.com – Seperti diketahui komedian senior Rini S Bon Bon meninggal dunia pada hari Minggu (10/7/2022) pukul 17.00 WIB.

Meski belum diketahui pasti penyebab meninggalnya Rini S Bon Bon, namun pelawak senior tersebut sempat melawan penyakit diabetes mellitus tipe dua.

Penyakit diabetes mellitus  (DM) diderita Rini S Bon Bon sejak tahun 1996 dan diturunkan dari ayahnya, Suhandi Hasan (65).

Rini  sempat mengaku kaget saat dia divonis diabetes, mengutip program Kompas TV Cerita Hati.

Saat diabetes menggerogoti tubuhnya, Rini mengaku lemas tak berdaya, bahkan untuk menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim pun dia mengaku nyaris tidak mampu melakukannya.

Namun, dia berupaya untuk melawannya dan meyakinkan diri bahwa dia menjalankan salat lagi.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya memiliki kadar gula darah tinggi.

Karena measa tidak memiliki riwayat diabetes, maka banyak orang yang kerap lengah dan tidak menjaga pola makan maupun kesehatannya.

Pada tahun 2021, International Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang dewasa (umur 20-79 tahun) atau 1 dari 10 orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia.

Diabetes juga menyebabkan 6,7 juta kematian atau 1 tiap 5 detik.

Dari data IDF, Tiongkok menjadi negara pengidap terbesar di dunia, dengan 140,87 juta penduduk Tiongkok hidup dengan diabetes pada tahun 2021.

Sementara, Indonesia berada di posisi kelima dengan jumlah pengidap diabetes sebanyak 19,47 juta.