Find Us On Social Media :

Dikerahkan dalam Misi Latihan Rutin, Lima Pesawat Bomber AS Hilang Misterius di Segitiga Bermuda Tahun 1945, Tim Penyelamat pun Turut Hilang

By Tatik Ariyani, Minggu, 10 Juli 2022 | 11:00 WIB

peta lokasi Segitiga Bermuda

Intisari-Online.com - Telah banyak pesawat dan kapal yang menghilang di Segitiga Bermuda dan tidak pernah ditemukan.

Termasuk lima pesawat bomber torpedo milik Amerika Serikat yang menghilang di Segitiga Bermuda pada 5 Desember 1945.

Melansir History, pukul 14.10 waktu setempat, lima pesawat bomber torpedo atau torpedo-bombers milik AS yang terdiri dari Flight 19 lepas landas dari Bandar Udara Angkatan Laut Fort Lauderdale di Florida.

Kelima pesawat tersebut dalam misi latihan rutin selama 3 jam.

Flight 19 dijadwalkan membawa skuadron ke timur sejauh 120 mil, ke utara sejauh 73 mil, dan menempuh 120 mil untuk kembali ke pangkalan angkatan laut.

Dua jam setelah dimulai, pemimpin skuadron melaporkan kompas dan kompas cadangan tidak dapat berfungsi, sehingga posisinya pun tidak dapat diketahui.

Pemimpin skuadron tersebut sebenarnya telah terbang di daerah tersebut selama lebih dari enam bulan.

Sementara itu, pesawat lainnya pun melaporkan malfungsi alat yang sama.

Fasilitas radio di darat telah dihubungi untuk menemukan lokasi dari skuadron yang hilang. Namun, tidak ada yang berhasil.

Setelah lebih dari dua jam, pada pukul 18.20, terdengar sebuah transmisi radio yang terdistorsi dari pemimpin skuadron yang menyerukan anak buahnya untuk bersiap-siap pergi dari pesawat secara bersamaan karena kekurangan bahan bakar.

Beberapa stasiun radar di darat pada akhirnya mampu menunjukkan posisi Flight 19, yaitu di suatu tempat di utara Bahamas dan timur Pantai Florida.

Pada pukul 19.27, sebuah pesawat Mariner dilibatkan untuk pencarian dan penyelamatan dengan membawa tim beranggotakan 13 orang.