Find Us On Social Media :

Jadi Presiden Asia Tenggara Pertama yang Temui Vladimir Putin, Siapa Sangka Presiden Rusia Itu Justru Curhat Begini pada Jokowi

By May N, Jumat, 1 Juli 2022 | 16:10 WIB

Jokowi dengan Vladimir Putin

Intisari - Online.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo temui Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskwa, Kamis (30/6/2022).

Sebelumnya, Jokowi temui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Ukraina sehari sebelumnya.

Saat bertemu dengan Jokowi, Putin berkeluh kesah, terutama tentang dampak sanksi Barat terhadap perusahaan-perusahaan Rusia.

Sanski-sanksi itu muncul atas serangan Rusia ke Ukraina, dan parahnya berimbas pada ketersediaan bahan pangan dan pupuk di pasar global.

Presiden Rusia itu menyebut pembatasan dilakukan terhadap perusahaan domestik dan memperumit proses bisnis, sehingga sama saja walaupun sanksi Barat tidak secara resmi dikenakan pada sejumlah barang Rusia.

Dia mengatakan, makanan dan pupuk secara resmi memang tak termasuk di dalam sanksi.

Namun, pemilik perusahaan di Rusia yang memproduksi makanan dan pupuk, termasuk anggota keluarga mereka telah dikenakan sanksi.

“Ini mempersulit penandatangan kontrak,” keluh Putin ketika berbicara dengan Jokowi, dikutip dari Kantor Berita Rusia, TASS.

Pemimpin Rusia itu juga mengingatkan bahwa sanksi dikenakan pada asuransi kargo dan mempersulit transaksi keuangan.

"Mereka tidak secara resmi menjatuhkan sanksi pada beberapa produk, tetapi menciptakan kondisi sedemikian rupa sehingga menjadi jauh lebih sulit untuk memasoknya ke pasar luar negeri," beber Putin.

Belarusia dijadikan contoh oleh Putin, yang mana Belarusia adalah salah satu negara terkemuka memproduksi makanan dan pupuk.

Namun sejak sanksi diberlakukan pasokan barang-barang ini terhambat.