Find Us On Social Media :

Jarang Memerintah Secara Langsung Tetapi Berpengaruh dalam Politik, Inilah Lima Kaisar Jepang Kuno yang Dianggap Sebagai Keturunan Langsung Dewi Matahari Amaterasu

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 1 Juli 2022 | 14:05 WIB

Kaisar Jinmu, yang pernah memerintah kekaisaran Jepang.

Intisari-Online.com – Sistem kekaisaran Jepang meluas kembali melalui catatan sejarah bangsa dan prasejarah legendaris.

Kaisar Jepang jarang memerintah secara langsung, namun sering kali mereka berpengaruh dalam politik.

Kaisar Jepang juga memainkan peran imam di Shinto, dan secara tradisional dianggap sebagai keturunan langsung dari dewi matahari Amaterasu.

Inilah lima Kaisar yang pernah memerintah Jepang.

1. Kaisar Jinmu

Kaisar pertama dalam dongeng Jepang yang mendirikan negara itu pada tahun 660 SM, menurut Kojiki dan Nihon Shoki, kronik yang ditulis pada awal kedelapan.

Sebelum  naik takhta, dia dikatakan telah memenangkan pertempuran besar ketika seekor burung emas terbang ke bawah dan mendarat di haluannya, membuat musuh-musuhnya terpesona.

Pada tahun 1873, pemerintah Meiji menetapkan hari libur yang disebut Kigensetsu, yang diperingati pada tanggal 11 Februari, untuk mengakui kenaikan takhtanya.

Pemerintah era perang merayakannya dengan sangat mewah pada tahun 1940, yang dianggap sebagai peringatan 2.600 tahun awal pemerintahannya.

Hari libir dilarang pada era pascaperang, tetapi dipulihkan sebagai Hari Yayasan Nasional, hari libur nasional, pada tahun 1966.

2. Permaisuri Suiko (554–628)

Permaisuri Suiko, dihitung sebagai sepuluh tiga puluh dua dalam tatanan tradisional,.