Find Us On Social Media :

Satukan Jepang di Bawah Satu Panji, Inilah Oda Nobunaga, Daimyo Ambisius yang Tak Ingin Sekadar Diberi Sebuah Provinsi, Dibunuhnya Siapa pun yang Menghalanginya, Bahkan Keluarganya Sendiri

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 26 Juni 2022 | 07:30 WIB

Oda Nobunaga, satukan Jepang di bawah satu panji.

Intisari-Online.com – Masa Jepang feodal, sekitar abad keenam belas, seseorang yang mengambil inisiatif untuk menyatukan Jepang di bawah satu panji, dialah Oda Nobunaga.

Sebelum Oda Nobunaga menyatukan sebagian besar Jepang, negara itu dibagi menjadi ratusan provinsi, dan semuanya diperintah oleh klan yang berbeda.

Periode dalam sejarah Jepang ini dirusak oleh perang yang hampir tetap, inilah yang disebut sebagai ‘Zaman Perang Provinsi’.

Setiap klan dipimpin oleh apa yang disebut ‘daimyo’, dan setiap daimyo berjuang untuk mencoba dan mengambil sedikit lebih banyak tanah untuk ditambahkan ke kerajaan kecilnya.

Klan yang paling kuat memerintah daerah dekat Kyoto, mereka disebut Keshogunan Ashikaga.

Periode ini berlangsung dari tahun 1477 hingga 1573, ketika Oda Nobunaga ‘mendarat’ di tempat kejadian.

Pada akhirnya, dia menyatukan sebagian besar Jepang di bawah Klan Oda, tetapi dia harus menyatukan keluarganya sendiri terlebih dahulu, dan kemudian dia bersaing dengan Keshogunan Ashikaga.

Oda Nobunaga lahir pada tahun 1534 di provinsi Owari Jepang dari seorang tuan tanah feodal yang tidak terlalu berpengaruh.

Nobunaga tidak memiliki reputasi terbaik dengan klan Oda.

Dia dikenal karena perilakunya yang eksentrik dan sering kali memalukan.

Ketika ayahnya meninggal pada tahun 1551, Nobunaga berusia tujuh belas tahun.

Dia berperilaku sangat buruk di pemakaman sehingga membuat keretakan di klan Oda untuk selamanya.