Find Us On Social Media :

Mengesankan! Penyelam Tarik Kepala Marmer Hercules dari Bangkai Kapal Karam Berusia 2.000 Tahun di Yunani, Ukurannya Dua Kali Lupa, dengan Janggut Besar dan Wajah yang Khas

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 1 Juli 2022 | 13:00 WIB

Kepala Hercules yang ditemukan di bangkai kapal Antikythera, yang di temukan di Yunani.

Intisari-Online.comBangkai kapal Antikythera, yang ditemukan pada tahun 1900, terus menghasilkan artefak baru.

Patung marmer Hercules di Museum Arkeologi Nasional Athena kehilangan satu komponen penting, yaitu kepalanya!

Penyelam yang menjelajahi bangkai kapal Antihythera berusia 2.000 tahun mungkin telah menemukannya.

Menurut Lorenz Baumer, arkeolog Universitas Jenewa yang memimpin penggalian, mengutip dari Guardian, bahwa pada tahun 1900 penyelam menguarkan patung Hercules dan sekarang kemungkinan mereka telah menemukan kepalanya.

“Ini adalah potongan marmer yang paling mengesankan. Ukurannya dua kali lipat, memiliki janggut besar, wajah yang sangat khusus, dan rambut pendek. Tidak diragukan lagi itu adalah Hercules.”

Penyelam menemukan kepala Hercules itu pada musim panas, menurut pernyataan  dari ‘Return to Antikyther’, sebuah proyek yang didedikasikan untuk meneliti situs tersebut.

Bangkai kapal tersebut berasal dari sekitar tahun 60 SM, dan pertama kali ditemukan di lepas pantai pulau Yunani Antikythera oleh sekelompok penyelam pada tahun 1900.

Situs itu telah mengungkapkan beberapa patung perunggu dan marmer, sisa-sisa manusia, dan yang paling terkenal, Mekanisme Antikythera, yang sebagian orang menyebutnya sebagai komputer pertama.

Sampai proyek ‘Kembali ke Antikythera’ mulai mempelajarinya pada tahun 2012, ekspedisi terakhir dilakukan pada pertengahan 1970-an di bawah pengawasan penjelajah Jacques-Yves Cousteau.

Penggalian terbaru ini melibatkan pemindahan batu-batu alam, yang masing-masing seberat hingga 8,5 ton, yang telah menutupi bagian-bagian kapal karam.

Selain kepala marmer, penyelam juga menemukan bagian dasar patung marmer, potongan peralatan kapal (termasuk komponen jangkar) dan dua gigi manusia.

Mengutip dari Guardian, menurut Baumer, itu sangat dalam sehingga para penyelam hanya bisa berada di sana selam 30 menit.