Find Us On Social Media :

Mengapa VOC Membangun Bandar di Batavia pada Tahun 1619? Ini Sejarahnya

By Khaerunisa, Minggu, 26 Juni 2022 | 14:45 WIB

Gubernur Jenderal Hindia Belanda Jan Pieterszoon Coen. Ilustrasi alasan mengapa VOC membangun bandar di Batavia pada tahun 1619.

Intisari-Online.com - Inilah alasan mengapa VOC membangun bandar di Batavia pada tahun 1619.

Sebelum membangun bandar di Batavia pada tahun 1619, VOC bermarkas di Banten kemudian Ambon.

Setelah VOC dibentuk, kongsi dagang Belanda ini membangun markas di Banten pada 1603 untuk mengembangkan aktivitas dagangnya.

Namun rupanya, Banten bukan hanya memberikan hak mendirikan bandar untuk VOC saja.

Banten yang saat itu dipimpin Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdul Kadir juga memberikan izin yang sama untuk kongsi dagang milik Inggris, East India Company (EIC). Bahkan, EIC mendapat lokasi yang jauh lebih baik ketimbang VOC.

Maka, pada 1610, VOC pun memindahkan pusat aktivitas dagangnya ke Ambon. Kota yang berhasil direbut oleh Belanda dari tangan Portugis ini merupakan penghasil utama rempah-rempah.

Namun sembilan tahun kemudian, yaitu pada 1619, VOC kembali memindahkan markasnya, kali ini ke Batavia.

Apa alasan VOC Membangun Bandar di Batavia pada Tahun 1619?

Baca Juga: Mundurnya Perlawanan Mataram terhadap Belanda di Batavia Disebabkan oleh Apa? Beginilah Kegagalan Serangan Sultan Agung Tahun 1628 dan 1629

Baca Juga: Kisah Keberhasilan Pendakian Puncak Dunia untuk Pertama Kalinya, Terjebak dalam Badai Salju, Bermalam di Ketinggian dengan Oksigen Tipis untuk Dihirup, Siapakah Mereka?

Alasan mengapa VOC membangun bandar atau markas di Batavia tahun 1619 adalah karena kota ini dianggap punya sejumlah kelebihan dibanding kota sebelumnya.

Batavia dianggap lebih strategis dan lebih berpotensi untuk bisa mengembangkan usaha dagang VOC.