Find Us On Social Media :

Dari Olahraga Berdarah, Permainan Papan, Hingga Berendam di Kolam Umum, Inilah Waktu Bersenang-senang pada Masa Roma Kuno yang Mewah dan Didanai Negara untuk Segala Lapisan Masyarakat

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:30 WIB

Gladiator

Intisari-Online.com – Pada masa Roma kuno dikenal dengan program acara dan hiburannya yang mewah dan didanai oleh negara.

Itu dirancang untuk membuat masyarakat tetap teralihkan dan ditenangkan.

Fenomena ini digambarkan sebagai politisi Roma kuno memenangkan hati rakyat sebanyak hiburan (sirkus) dan penyediaan barang-barang kebutuhan pokok (roti), seperti yang mereka lakukan melalui kebijakan dan politik mereka.

Meski di Roma kuno penuh dengan kesempatan untuk hiburan publik, tetapi orang Romawi juga menemukan cara untuk menghibur diri mereka sendiri di rumah.

Dari olahraga berdarah, permainan papan, hingga berendam di kolam umum, berikut ini hiburan paling populer yang dilakukan di Roma Kuno.

1. Pertarungan gladiator

Gladiator, secara harfiah berarti ‘pendekar pedang’ dalam bahasa Latin, memberikan hiburan bagi massa dengan terlibat dalam olahraga darah petarung melawan hewan, mengutuk penjahat, atau sama lain di arena publik.

Pertempuran gladiator diperkirakan berasal selama Perang Punisia abad ke-3 SM dan dengan cepat menjadi populer di seluruh Kekaisaran Romawi.

Permainan itu dilihat sebagai seni tinggi dan rendah, yaitu gladiator yang beruntung atau sukses bisa mendapatkan rasa hormat, kekaguman, uang, dan status sosial melalui keikutsertaannya dan kemenangannya.

Tapi, banyak gladiator yang juga budak, dipaksa untuk bersaing dan mati untuk hiburan rakyat.

Colosseum Roma adalah lokasi paling terkenal yang digunakan untuk pertarungan gladiator, yang bisa menampung hingga 80.000 orang.

Pertarungan gladiator biasanya diiklankan jauh sebelumnya di seluruh kota, biasanya gratis untuk hadir, meskipun banyak yang menghabiskan uang untuk makanan, minuman, taruhan, dan kerai saat berada di sana.