Find Us On Social Media :

Berani Sebut Kepulauan Riau hingga Singapura Harus Diklaim oleh Malaysia, Rupanya Begini Sejarah Malaysia dan Pembagian Wilayahnya

By Tatik Ariyani, Rabu, 22 Juni 2022 | 15:22 WIB

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad - Bendera Malaysia

Intisari-Online.com - Baru-baru ini, mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan Singapura pernah dimiliki Johor dan negara bagian Johor harus mengklaim bahwa Singapura harus dikembalikan ke Malaysia.

Mahathir mengatakan saat berpidato, Minggu (19/6/2022), "Namun, tidak ada tuntutan apa pun dari Singapura. Sebaliknya, kami menunjukkan apresiasi kami kepada kepemimpinan negara baru bernama Singapura ini."

Melansir Strait Times, Mahathir juga mengatakan bahwa Malaysia menganggap kemenangan mereka atas sengketa pulau Sipadan dan Ligitan di lepas Kalimantan melawan Indonesia di Mahkamah Internasional (ICJ) adalah sesuatu yang berharga.

Tak berhenti sampai di situ, Mahathir juga menambahkan, "Seharusnya kita tidak hanya menuntut agar Pedra Branca dan Pulau Batu Puteh dikembalikan kepada kita. Kita juga harus menuntut Singapura dan Kepulauan Riau, karena mereka adalah Tanah Melayu."

Malaysia sendiri adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari 13 negara bagian dan 1 wilayah persekutuan.

Wilayah Malaysia, secara geografis, terbagi ke dalam dua bagian, yaitu Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur yang terletak di Pulau Kalimantan.

Malaysia mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris pada 31 Agustus 1957.

Beginilah sejarah Malaysia sebelum menjadi wilayah jajahan Inggris dan keadaan setelahnya.

Melansir Kompas.com, Semenanjung Malaya berkembang sebagai pusat perdagangan utama di Asia Tenggara karena letaknya yang strategis.

Berkembangnya perdagangan antara Tiongkok, India, dan negara-negara lainnya membuat Selat Malaka semakin sibuk.

Kerajaan Melayu bercorak Hindu-Buddha kemudian mulai tumbuh di kota pelabuhan tepi pantai Malaysia.

Kerajaan-kerajaan ini pernah berada di bawah pengaruh Sriwijaya dan Kerajaan Chola dari India.