Find Us On Social Media :

Berkuasa Selama 33 Tahun, Dengan Tangan Besi Inilah Ranavalona I Ratu Madagaskar yang Kejamny Bukan Main, Sampai Nekat Hukum Mati Siapapun yang Melanggar Hukum

By Afif Khoirul M, Senin, 20 Juni 2022 | 16:09 WIB

Ratu Ranavalona I.

Intisari-online.com - Jika dibandingkan dengan Janda Permaisuri Cixi, ratu Madagaskar ini mungkin lebih kejam.

Ia adalah Ratu Ranavalona I dari kerjaan Madagaskar, yang terkenal kejamnya bukan main.

Ranavalona I berkuasa selama 33 tahun, dan naik takhta tahun 1828 sampai tahun 1861.

Catatan sejarah sedikit menceritakan tentang ratu dari Afrika ini, namun banyak kisah mengenai kekejamannya yang diceritakan.

Sejarah tidak banyak mencatat kehidupan awal dari Ranavalona I, hanya diketahui bahwa ia lahir di Madagaskar sekitar 1788, dan memiliki nama lahir sebagai Ramavo.

Ranavalona I lahir dari keluarga sederhana, putri rakyat jelata, anggota kelompok etnis Merina yang dominan mendiami Madagaskar.

Putri rakyat jelata itu bisa naik menjadi seorang ratu dan memerintah pulau besar di Samudera Hindia karena diadobsi oleh calon raja Kerajaan Madagaskar, Andrianampoinimerina.

Ayah kandung Ranavalona kebetulan mengetahui Andrianampoinimerina tentang rencana pembunuhan terhadapnya, yang tak sengaja ia ketahui.

Baca Juga: Kejamnya Bukan Main, Inilah Anna Ivanovna, Ratu Rusia yang Pernah Siksa Pejabat Istana Untuk Tinggal di Istana Es Dengan Cara yang Sangat Keji

Plot pembunuhan akhirnya digagalkan dan sebagai ucapan terimakasih, Andrianampoinimerina mengadopsi Ranavalona.

Setelah itu, putra Andrianampoinimerina, yaitu Raja Padama I meneruskan takhtanya dengan menikah dengan Ranavalona.

Menurut beberapa catatan sejarah seperti yang dilansir dari Notable Biographies, Raja Radama I sangat menderita sehingga dia nekat bunuh diri dengan menggorok tenggorokannya sendiri.