Find Us On Social Media :

Disebut Pernah Beri Izin Pelepasan Hutan 25 Kali Luas Jakarta, Zulkifli Hasan yang Ditunjuk Jadi Mendag Ternyata Pernah Terseret Kasus Megakorupsi

By Tatik Ariyani, Rabu, 15 Juni 2022 | 17:24 WIB

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan

Intisari-Online.com - Rabu (15/6/2022) di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo melantik mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil.

Selain Hadi, Jokowi juga menunjuk Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Zulkifli Hasan (Zulhas) sendiri selama ini dikenal sebagai politikus ulung.

Melansir Kompas.com, Zulhas lahir di Lampung pada 17 Mei 1962 dan menghabiskan masa kecil hingga pendidikan tingkat sekolah menengah pertama di Lampung.

Zulhas pindah ke Jakarta dan lulus dari SMA Negeri 53 Jakarta pada 1982.

Dia kemudian menempuh pendidikan sarjana S1 di Universitas Krisnadwipayana pada 1986 dan melanjutkan pendidikan S2 di Sekolah Tinggi Manajemen PPM, dan lulus tahun 2003.

Setelah lulus kuliah, Zulkifli sempat memutuskan berkarier menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Namun, dia memilih meninggalkan posisi PNS dan berwirausaha. Dia mulai membangun perusahaan dan tumbuh semakin besar.

Zulkifli tercatat pernah menjadi Presiden direktur PT Batin Eka Perkasa (1988-2004) yang berkecimpung dalam bisnis peralatan rumah tangga.

Dia kemudian pernah menjabat sebagai presiden direktur di sejumlah perusahaan lain, yakni PT Panamas Mitra Inti Lestari (1997) dan PT Sarana Bina Insani (1999).

Selain itu, Zulkifli pernah menjabat sebagai komisaris utama di PT Hudaya Safari Utama (2000) dan PT Batin Eka Perkasa (2004).

Zulkifli lantas mulai melirik untuk terjun ke dunia politik. Dia memutuskan bergabung dengan PAN karena latar belakangan kedekatan dengan Muhammadiyah.