Find Us On Social Media :

Ngeri, BPOM Bongkar Puluhan Pabrik Tahu Berformalin, Pembeli Kini Wajib Lakukan Ini Jika Tak Ingin Keluarga Tersayang 'Kehilangan' Organ Tubuh

By Ade S, Senin, 13 Juni 2022 | 13:30 WIB

Pabrik tahu berformalin gegerkan Bogor dan sekitarnya

Intisari-Online.com - Masyarakat Indonesia digemparkan oleh temuan pabrik tahu berformalin oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kegemparan tersebut terjadi menyusul jumlah pabrik tahu berformalin yang ternyata mencapai puluhan.

Pabrik-pabrik tersebut, merujuk pada laporan BPOM, tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, mulai dari Jakarta hingga Kalimantan Timur.

Terbaru, keberadan dua pabrik tahu berformalin terungkap di wilayah Parung, Bogor, Jawa Barat.

Kedua pabrik tersebut pun langsung digerebek oleh BPOM yang berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat dan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Penggerebekan tersebutlah yang kemudian membongkar fakta mencengangkan terkait pabrik-pabrik tahu berformalin.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengungkapkan bahwa hingag saat ini masih banyak pelaku usaha yang menggunakan formaslin dalam produk pangannya.

Bahkan, hingga bulan Juni 2022 saja, BPOM mengaku menemukan 22 pabrik tahu berformalin.

Mereka, para produsen tahu, memilih untuk menggunakan zat berbahaya tersebut dengan tujuan untuk membuat tahu mereka lebih tahan lama.

Padahal, manfaat tersebut, menurut BPOM, tidak sebanding dengan efek jangka panjang yang terjadi pada orang-orang yang mengonsumsinya.

"Dalam jangka panjang, formalin berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, antara lain iritasi saluran napas, sesak napas, pusing, gangguan pernapasan, rusaknya organ penting manusia, hingga menyebabkan kematian," tutur Penny Lukito, seperti dilansir kompas.com, Senin (13/6/2022).

Lalu, di tengah maraknya tahu-tahu berformalin tersebut, bagaimana masyarakat bisa menghindarinya?