Find Us On Social Media :

Sebut Indonesia Sebagai 'Pengganggu' Karena Dianggap Bersekongkol dengan Amerika, China Bersumpah Akan Memerangi Amerika Jika Terus-menerus Lakukan Hal Ini

By Mentari DP, Senin, 13 Juni 2022 | 11:30 WIB

China bersumpah untuk memerangi Amerika Serikat (AS).

Intisari-Online.com - Meski sedang berfokus pada perang Rusia dan Ukraina, rupanya Amerika Serikat (AS) tidak membuat China bisa bebas di Asia.

Hal ini membuat Menteri Pertahanan China Wei Fenghe mengeluarkan peringatan keras kepada Amerika Serikat (AS) atas campur tangannya dengan Taiwan.

Hal ini disampaikan Wei Fenghe dalam KTT di Singapura.

Wei Fenghe bahkan menuduh AS sebagai negara "pengganggu" dan "pembajak".

Dilansir dari express.co.uk pada Senin (13/6/2022), bulan lalu, Presiden AS Joe Biden bersumpah untuk turun tangan dan membantu Taiwan mempertahankan diri jika China berusaha merebut wilayah itu dengan paksa.

Joe Biden menyatakan: "Itulah komitmen yang kami buat."

Komentar Presiden AS itu disampaikan dalam jumpa pers di Tokyo bersama Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Undang-Undang Hubungan Taiwan tahun 1979 mengatur hubungan AS dengan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri.

Peraturan itu menguraikan komitmen yang dimiliki AS untuk membantu Taiwan menegakkan pertahanan militernya, tetapi tidak memerlukan intervensi militer dari AS.

Presiden Biden juga berhati-hati untuk mengambil sikap keras terhadap Rusia atas pesan yang dikirim China melalui navigasi konflik Ukraina.

Dia menyatakan bahwa dia dan PM Jepang terus mengakui kebijakan "Satu China" dari hanya satu pemerintah China.

“Dengan itu tidak berarti bahwa China memiliki yurisdiksi untuk masuk dan menggunakan kekuatan untuk mengambil alih Taiwan," ungkap Presiden Biden.