Find Us On Social Media :

Terbaru! Ini Estimasi Waktu Tunggu Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Indonesia 2022, Kalau Daftar Sekarang Kapan Bisa Berangkat ke Mekkah?

By Khaerunisa, Sabtu, 11 Juni 2022 | 14:55 WIB

Estimasi waktu tunggu keberangkatan haji terbaru 2022.

Intisari-Online.com - Pemberangkatkan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi tahun 2022 oleh Pemerintah Indonesia sudah dimulai sejak 4 Juni lalu.

Melansir laman haji.kemenag.go.id, hingga Jumat, 11 Juni 2022, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah memberangkatkan sebanyak 17.612 orang ke tanah suci.

Terbaru, sebanyak 2.855 orang tiba di Madinah pada hari ini.

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat, Akhamad Fauzin, menyampaikan rencana keberangkatakan jemaah dari Madinah menuju Makkah yang akan dimulai pada tanggal 12 Juni 2022 atau bertepatan dengan tanggal 12 Dhulqa’dah 1443H.

Untuk itu, sebagian jemaah yang keberangkatannya di awal-awal akan mulai diberangkatkan ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib, dengan mengambil miqat di Zulhulaifah atau yang lazim disebut dengan nama Bir Ali atau Abyar Ali.

"Kepada seluruh jemaah yang sebentar lagi akan melaksanakan umrah wajib kami imbau agar tidak segan-segan untuk bertanya, berkonsultasi dan memastikan segala sesuatunya yang berkaitan dengan manasik maupun yang lainnya," paparnya saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (11/6/2022).

"Tak lupa kami juga menimbau untuk mencukupkan istirahat mengingat umrah yang akan dilaksanakan merupakan umrah wajib. Dengan demikian, diharapkan seluruh Jemaah dapat melaksanakan umrah dengan sebaik-baiknya," sambungnya.

Dimulainya pemberangkatan calon jemaah haji 2022 tentu menjadi kabar yang dinantikan umat Islam di Indonesia. Pasalnya, selama 2 tahun Indonesia harus menunda penyelenggaraan ibadah haji di tengah wabah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Benar-benar Ketinggalan Zaman, Saat Seisi Dunia Mulai Melupakannya, Pandemi Covid-19 di Korea Utara Malah Semakin Buruk, Ini Permasalahan di Negara Kim Jong-Un

Baca Juga: Firasat Kedutan Mata Kanan Bawah; ini Firasat Bila Kedutan Terjadi pada Tubuh Bagian Bawah

Keberangkatan dan pemulangan jemaah haji Indonesia sendiri dibagi 2 gelombang. Gelombang 1 seluruhnya mendarat di Bandara Madinah, sementara gelombang 2 mendarat di Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Jika pemberangkatan gelombang 1 dimulai pada 4 Juni lalu, pemberangkatan gelombang 2 akan dimulai pada 19 Juni mendatang.