Find Us On Social Media :

AS Sendiri yang Kirimkan Senjatanya ke Ukraina, Tapi Amerika Malah yang Ketakutan Setengah Mati, Jika Ukraina Gunakan Senjata Miliknya Untuk Lakukan Hal Berbahaya Ini

By Afif Khoirul M, Rabu, 8 Juni 2022 | 14:10 WIB

Ilustrasi - Senjata nuklir

Intisari-online.com - Pengalihan sistem artileri AS ke Ukraina dapat menyebabkan eskalasi, kedutaan Rusia di Washington memperingatkan.

Sebelumnya, kepala Pusat Kontrol Pertahanan Nasional, Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev.

Mengutip Ria Novosti, mengatakan bahwa Kyiv menembaki wilayah perbatasan Rusia dengan howitzer NATO, mungkin senjata M777 Amerika.

Selain itu, para diplomat mencatat, Washington mengabaikan ancaman nyata bahwa senjata presisi modern akan jatuh ke tangan radikal nasional, teroris dan geng tidak hanya di wilayah Ukraina, tetapi juga di luar perbatasannya.

Seperti yang dikatakan dalam komentar tersebut, "pengiriman besar-besaran senjata, peralatan militer, dan amunisi ke rezim Kiev membuktikan Amerika Serikat menjauh dari prinsip-prinsip pengekangan internasional yang digaungkan AS sendiri ketika mentransfer produk militer ke zona konflik."

"Standar ganda seperti itu merusak kredibilitas Washington sebagai peserta dalam mekanisme kontrol ekspor multilateral," kata kedutaan.

Selain itu, misi diplomatik menyebut keputusan untuk mentransfer empat helikopter Mi-17 buatan Rusia ke Kyiv sebagai bagian dari paket bantuan baru.

Merupakan pelanggaran mencolok terhadap kewajiban pihak Amerika ke Moskow.

"Pengiriman seperti itu dilakukan untuk menghindari ketentuan pada sertifikat pengguna akhir, yang memerlukan persetujuan tertulis dari Rusia," kata kedutaan, mencatat bahwa Amerika Serikat mengabaikan permintaan terkait dari pihak Rusia.

Baca Juga: Sudah Jor-Joran Kirim Senjata Militernya ke Ukraina Sampai Nyaris Bakar Duit Hingga Rp10 Triliun Demi Sokong Ukraina, AS Malah Sebut Ukraina Mustahil Kalahkan Rusia!

Seperti yang ditunjukkan oleh para diplomat, pengabaian norma-norma internasional juga dimanifestasikan dalam pasokan sistem rudal anti-pesawat portabel Stinger ke Kyiv.

Misi diplomatik mencatat bahwa dengan cara ini resolusi Majelis Umum PBB dan "Elemen-elemen kontrol ekspor atas MANPADS" yang disepakati.