Find Us On Social Media :

Kisah Li Yuqin, Selir Terakhir Kerajaan Tiongkok Kuno yang Diangkat Pada Usia 15 Tahun, Bukannya Bahagia Hidupnya Justru Berakhir Menderita Kala Kerajaan Tiongkok Kuno Dihancurkan Rusia

By Afif Khoirul M, Senin, 6 Juni 2022 | 17:07 WIB

Li Yuqin, selir terakhir kaisar Tiongkok.

Intisari-online.com - Li Yuqin, yang dipilih dari sekolah perempuan pada usia 15 untuk menjadi istri keempat kaisar terakhir China, telah meninggal pada usia 73, tahun 2001.

Li, yang menderita sirosis selama enam tahun, meninggal di kota timur laut Changchun, Beijing Youth Daily.

Lahir di provinsi Shandong di timur laut Tiongkok, Li adalah anggota minoritas Manchu yang memerintah Tiongkok selama lebih dari 300 tahun.

Pada tahun 1942, ia datang ke Beijing untuk menghadiri sekolah yang dikelola oleh rezim Manchukuo, yang didirikan oleh penjajah Jepang dan dipimpin oleh Henry Pu Yi, kaisar terakhir Tiongkok.

Pu Yi, yang digulingkan sebagai kaisar dalam revolusi Tiongkok 1911.

Pada tahun 1945 rezim Manchukuo runtuh setelah Jepang menyerah pada akhir Perang Dunia II.

Pu Yi Memilih Li sebagai istrinya tetapi meninggalkannya setelah Perang Dunia II, ketika Manchukuo jatuh di tengah kekalahan Jepang.

Li berusaha melarikan diri dari Changchun, bersama Pu yi, Permaisuri Wanrong dan sisa anggota istana Qing yang lama.

Baca Juga: Kisah Tragis Selir Zhen, Jadi Favorit Kaisar China Sampai Menimbulkan Kecemburuan, Justru Membuatnya Berakhir Tragis Tinggal di Sumur Kecil Sampai Mayatnya Tidak Ditemukan

Dia, serta seluruh keluarga Pu yi dievakuasi bersamanya dengan kereta api dari Changchun ke Dalizigou.

Dari sana, bagaimanapun, Pu yi melanjutkan dengan pesawat dengan hanya dua saudara perempuannya, saudara laki-lakinya, tiga keponakan laki-laki, dokternya dan seorang pelayan ke Mukden, di mana dia ditangkap dan dibawa ke Uni Soviet.

Menurut Pu yi, Li Yuqin sangat ketakutan dan memohon untuk dibawa bersamanya, ketika dia pergi dari Dalizigou ke Mukden, tapi dia meyakinkannya bahwa dia dan Wanrong bisa mencapai Jepang juga dengan kereta api.