Find Us On Social Media :

Kisah Tragis Selir Zhen, Jadi Favorit Kaisar China Sampai Menimbulkan Kecemburuan, Justru Membuatnya Berakhir Tragis Tinggal di Sumur Kecil Sampai Mayatnya Tidak Ditemukan

By Afif Khoirul M, Jumat, 3 Juni 2022 | 15:53 WIB

Penampakan foto Selir Zhen.

Intisari-online.com - Selir sangat mendalami sejarah Tiongkok.

Selir adalah wanita yang hidup bersama dengan Kaisar di seluruh dinasti, tetapi tidak pernah menikah secara resmi dan tunduk pada istri.

Seorang Kaisar dapat memiliki selir sebanyak atau sesedikit yang dia inginkan, dengan tujuan utama memberinya banyak anak.

Selama dinasti-dinasti sebelumnya, selir sering dipilih dari keluarga miskin dan seringkali orang tua berkewajiban, dengan asumsi bahwa putri mereka memulai kehidupan yang lebih baik di dalam istana.

Namun, selama dinasti Qing, Kaisar mencari selir dari keluarga yang lebih kaya dan lebih bangsawan.

Meskipun banyak yang tidak memilih jalan ini untuk anak perempuan mereka, mereka tidak punya banyak pilihan.

Selir yang ideal diharapkan berbudi luhur, patuh dan mendengarkan Kaisarnya.

Jika seorang gadis terpilih, dia akan memasuki Kota Terlarang, biasanya antara usia 13 dan 16 tahun, untuk memulai kehidupan nyata di dalam tembok kota, jarang bertemu keluarganya lagi.

Baca Juga: Putus Asa Kaisar Berpaling kepada Selir Lain, Permaisuri Chen Ambil Jalan Pintas Gunakan Ilmu Sihir untuk Hal Ini, Hidupnya pun Hancur Seketika

Salah satu selir tersebut adalah Selir Zhen. Lahir pada tahun 1876, ia paling dikenal sebagai permaisuri Kaisar Guangxu, Kaisar kedua dari belakang dari dinasti Qing.

Kakak perempuannya, Selir Jin, juga dipilih menjadi selir dan kedua gadis itu memasuki Kota Terlarang ketika Zhen baru berusia 13 tahun.

Meskipun Zhen adalah favorit Kaisar dari dua bersaudara, Jin-lah yang berhasil memainkan permainan lebih lama, hidup lebih lama dari Zhen selama bertahun-tahun.