Find Us On Social Media :

Dijuluki ‘Mawar Dunia’ Inilah Rosamund Clifford, Gundik Raja Henry II yang Dibuatkan Sarang Cinta di Ceruk Terdalam Labirin di Tamannya, Benarkah Dia Mati Diracun oleh Sang Ratu?

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 5 Juni 2022 | 08:00 WIB

Dijuluki 'mawar dunia' inilah Rosamund Clifford, gundik Raja Henry II, benarkah dia mati diracun oleh Sang Ratu?

Intisari-Online.com – Raja Plantagenet pertama Inggris, yaitu Raja Henry II memiliki istri kerajaan yang kaya, yaitu Eleanor dari Aquitaine.

Raja Henry II juga memiliki banyak gundik, tetapi cinta dalam hidupnya adalah seorang wanita cantik yang dijuluki ‘Mawar dunia’.

Untuk menyembunyikan perselingkuhan mereka, Henry membangun sarang cinta di ceruk terdalam labirin di tamannya di Woodstock.

Legenda mengatakan bahwa Ratu Eleanor tidak beristirahat sampai dia menemukan labirin dan menelusurinya hingga ke pusat, di mana dia menemukan saingannya yang menggairahkan itu.

Apa yang terjadi kemudian?

Wanita yang disebut sebagai ‘Mawar dunia’ adalah Rosamund Clifford.

Kemungkinan dia adah putri dari Walter de Clifford dan istrinya Margaret, namun tanggal lahirnya tidak dicatat.

Namun, sejarawan menyebutkan bahwa dia lahir sebelum 1150.

Dia memiliki enam saudara kandung meskipun urutan kelahiran mereka tidak diketahui.

Dia menghabiskan tahun-tahun awal kehidupannya di Kastil Clifford sebelum berangkat ke Godstow Nunnery dekat Oxford untuk melanjutkan pendidikannya.

Rosamund kemudian bertemu Henry II, namun waktu dan tempat kapan pastinya mereka bertemu tidak tercatat, hanya beberapa orang percaya itu sekitar tahun 1166.

Tahun itu adalah ketika Eleanor dari Aquitaine mengandung putra terakhir mereka, John.