Find Us On Social Media :

Alih-alih Bantu Ukraina Hadapi Rusia, Senjata-senjata yang Dikirimkan AS dan Sekutunya ke Ukraina Justru Bisa Jatuh ke Tangan yang Salah

By Tatik Ariyani, Jumat, 3 Juni 2022 | 13:46 WIB

Rudal anti-tank Javelin

Intisari-Online.com - Sejak invasi Rusia ke Ukraina, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya terus mengirimkan senjata ke Ukraina untuk membantu menghadapi pasukan Rusia.

AS, bersama dengan sekutunya seperti Jerman dan Inggris, terus memasok senjata ke Ukraina sejak dimulainya konflik dengan Rusia pada akhir Februari.

Sebagian besar peralatan terdiri dari senjata ringan dan rudal anti-tank dan anti-udara portabel, bersama dengan amunisi dan bahan bakar.

Meski ada ancaman dari Rusia agar Barat menghentikan pengiriman senjata ke Ukraina, namun kiriman senjata terus berlangsung.

Bantuan senjata yang dikirimkan Barat banyak membantu Ukraina dalam menghadapi pasukan Rusia, namun di sisi lain, senjata-senjata itu bisa berakhir di tangan salah.

Pada hari Rabu, Sekretaris Jenderal Interpol Juergen Stock mengatakan, persenjataan yang AS dan sekutunya kirimkan ke Ukraina kemungkinan akan berakhir di pasar gelap global, melansir Russian Today, Kamis (2/6/2022).

Berbagai kelompok kriminal telah mengincar senjata-senjata ini, kata pejabat itu kepada Anglo-American Press Association di Paris.

Stock telah mendesak negara-negara anggota Interpol untuk secara aktif bekerja sama dalam melacak senjata yang dikirim ke Ukraina, menambahkan bahwa mereka yang memasok senjata harus memainkan peran utama dalam upaya ini.

Kepala Interpol juga mengatakan dia mengharapkan "gelombang" tidak hanya senjata ringan tetapi senjata berat membanjiri pasar gelap internasional segera setelah konflik antara Moskow dan Kyiv berakhir.

“Begitu senjata diam, senjata ilegal akan datang. Kita mengetahui hal ini dari banyak teater konflik lainnya. Para penjahat bahkan sekarang, seperti yang kita bicarakan, berfokus pada mereka,” katanya.

Dia menambahkan bahwa kelompok-kelompok kriminal akan mencoba “mengeksploitasi situasi kacau ini” untuk mendapatkan persenjataan “yang digunakan oleh militer dan termasuk senjata berat.”

“Tidak ada negara atau wilayah yang dapat menanganinya secara terpisah karena kelompok-kelompok ini beroperasi di tingkat global,” Stock memperingatkan.