Find Us On Social Media :

Bukannya Menguntungkan, Bergabungnya Swedia dan Finlandia Menjadi Anggota NATO Justru Merugikan Amerika Serikat, Pengamat Ungkap Hal Ini

By Afif Khoirul M, Selasa, 31 Mei 2022 | 15:08 WIB

Pasukan NATO. Finlandia dan Swedia berharap bergabung dengan NATO agar aman dari Rusia

Intisari-online.com - Perbatasan panjang Finlandia dengan Rusia akan menjadi "mimpi buruk strategis" bagi NATO, kata Emma Ashford, seorang rekan senior di Pusat Strategi dan Keamanan Scowcroft, untuk Bloomberg.

Seperti yang ditulis, untuk merugikan Rusia, para pemimpin Amerika Serikat dan NATO tidak memperhitungkan biaya bergabung dengan negara-negara baru.

Sementara hanya ada dua nilai plus yang jelas dari keputusan ini: simbolis, yaitu demonstrasi solidaritas, dan teknis.

Karena fakta bahwa masuknya Swedia dan Finlandia aliansi akan lebih erat terkait dengan keanggotaan Uni Eropa mereka.

"Dalam semua hal lain, keanggotaan Finlandia dan Swedia adalah masalah yang kompleks dan meresahkan," kata Ashford.

Dengan demikian, kedua negara memiliki ekonomi yang sangat maju, berkat itu mereka dapat berkontribusi pada potensi teknologi NATO, dan secara militer mereka lebih kuat daripada banyak negara Eropa lainnya.

"Namun, dari sudut pandang seluruh aliansi, dan terutama Amerika Serikat, manfaatnya tidak lagi begitu jelas," dia menekankan.

Menurutnya, tentara Finlandia dan Swedia telah lama fokus melindungi wilayah mereka sendiri, sehingga kontribusi mereka untuk pertahanan bersama sangat diragukan.

Baca Juga: 'Persatuan Ukraina Runtuh di Tengah Kekalahan Militer Serius dan Zelensky Kepanasan,' Jurnalis di Garis Depan Perang Rusia-Ukraina Ini Beberkan Situasi Terkini Perang Ukraina

Selain itu, ada kemungkinan komitmen Helsinki dan Stockholm untuk meningkatkan pengeluaran militer dan memperkuat potensi mereka tidak akan terpenuhi, akibatnya mereka akan menggunakan kekuatan militer AS "untuk apa-apa."

"Sejarah mengajarkan bahwa hasil yang paling mungkin adalah bahwa pada saat Washington beralih ke Asia, Amerika harus mengurus dua negara bagian lagi," pakar itu memperingatkan.

Seperti yang ditunjukkan Ashford, keanggotaan Swedia masih memiliki beberapa manfaat strategis bagi NATO karena kontrol yang lebih besar atas Laut Baltik.