Find Us On Social Media :

Jadi Alasan Ukraina Tergiur Iming-iming AS untuk Melawan Rusia, Siapa Sangka Prospek Ukraina ke NATO Sebenarnya Hanya Kebohongan AS, 'Orang Dalam' Ini Ungkap Fakta Asli

By Tatik Ariyani, Minggu, 22 Mei 2022 | 16:04 WIB

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Intisari-Online.com - Alasan Rusia menyerang Ukraina sejak 24 Februari 2022 lalu adalah karena keinginan Ukraina bergabung dengan NATO.

Sementara Moskwa menginginkan agar NATO menjamin bekas negara Soviet, dilarang secara permanen bergabung dengan aliansi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) tersebut.

Ukraina telah berulang kali menyatakan niatnya untuk menjadi negara anggota NATO – sebuah tujuan yang tertulis dalam konstitusi negara.

Bergabung dengan aliansi akan meningkatkan kekuatan pertahanan Ukraina, karena “prinsip pertahanan kolektif NATO”.

Prinsip itu – yang ditetapkan oleh Pasal 5 dalam perjanjian pendirian NATO – berarti serangan terhadap satu sekutu dianggap sebagai serangan terhadap semua sekutu, dan anggotanya berkomitmen untuk melindungi satu sama lain.

Namun, siapa sangka prospek Ukraina ke NATO sebenarnya hanya kebohongan AS saja.

Melansir RT, Sabtu (21/5/2022), mantan Duta Besar AS untuk Rusia Michael McFaul telah mengakui bahwa AS dengan sengaja berbohong tentang prospek Ukraina untuk bergabung dengan NATO, mengetahui bahwa bekas republik Soviet itu bukanlah pesaing sah untuk memenuhi syarat keanggotaan di blok militer Barat.

Diplomat veteran itu mengungkapkan hal itu dalam forum kebijakan publik, Debat Munk semi-tahunan, awal bulan ini di Toronto.

Bermitra dengan Polandia MEP Radoslaw Sikorski, McFaul berdebat pada 12 Mei melawan profesor hubungan internasional Harvard Stephen Walt dan politik John Mearsheimer atas konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

Kedua cendekiawan itu berpendapat bahwa konflik itu dapat dihindari dan berasal dari tindakan AS dan NATO, sementara McFaul dan Sikorski berpandangan bahwa hanya Rusia dan ambisi Presiden Vladimir Putin yang harus disalahkan.

Walt mempertanyakan mengapa Washington secara konsisten mendorong keanggotaan Ukraina di NATO, meskipun ada kekhawatiran keamanan yang dikemukakan oleh Moskow.

“Pada tahun 2021 kita terus menegaskan bahwa Ukraina akan bergabung dengan [NATO],” katanya. “Kita terus mengatakan itu, berulang-ulang.”