Find Us On Social Media :

Syarat, Jadwal, dan Cara Pendaftaran PPDB Bekasi 2022, Seperti Apa?

By May N, Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:00 WIB

Ilustrasi murid sekolah. Beginilah syarat, cara dan jadwal PPDB Bekasi 2022

Intisari - Online.com - Kapan jadwal PPDB Negeri di Kota Bekasi tahun 2022 2023?

Bagaimana cara daftar PPDB 2022 2023 di Kota Bekasi?

Apa saja syarat PPDB Kota Bekasi 2022 2023?

PPDB kota Bekasi menerima calon siswa baru untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh wilayah Kota Bekasi.

PPDB bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah khususnya di Kota Bekasi agar memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

Daya tampung sekolah yang terbatas untuk dapat menerima jumlah peserta didik baru yang terdaftar, maka perlu diadakan sistem seleksi PPDB yang objektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif, dan kompetitif, serta menjamin akses layanan pendidikan di Kota Bekasi dapat menjangkau ke semua lapisan masyarakat, dapat dilaksanakan dengan mudah, terjangkau dan berkualitas.

Pada tahun ajaran ini, Dinas Pendidikan Kota Bekasi belum menggunakan jasa layanan sistem untuk pengelolaan Penerimaan Siswa Baru (PSB) atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK secara Online Real Time.

Pendaftaran PPDB secara online biasanya menggunakan sistem SIAP PPDB Online dari PT. Telkom Indonesia, bisa juga menggunakan sistem yang dikelola langsung oleh Dinas Pendidikan masing-masing daerah, atau dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing Sekolah.

Jalur PPDB yang biasa diadakan seperti Zonasi, Afirmasi, Prestasi Akademik dan Non Akademik, Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, dan jalur-jalur lainnya.

Di beberapa daerah, Dinas Pendidikannya meminta sekolah tetap melayani pendaftaran secara langsung di sekolah atau offline dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022/2023.

Pasalnya, tidak semua sekolah di daerahnya dapat mengakses jaringan Internet seperti di wilayah pedalaman.

Berikut ini daftar sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di Wilayah Kota Bekasi yang berada di Kecamatan: Bantargebang, Bekasi Barat, Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Jatiasih, Jati Sampurna, Medan Satria, Mustika Jaya, Pondokgede, Pondok Melati, Rawalumbu.