Find Us On Social Media :

Berkuasa dengan Tangan Besi, Inilah Sui Yang Di, Kaisar Cina yang Doyan Perang Tak Peduli Walau Pasukannya Menderita Sampai Kerajaannya Bangkrut, Akhirnya Tewas Tercekik Pemberontak

By Afif Khoirul M, Jumat, 13 Mei 2022 | 16:10 WIB

Kaisar Cina Sui Yang Di, terkenal sebagai tiran terburuk di China.

Intisari-online.com - Nama sebenarnya Yang Guang, tapi dikenal dengan mana Sui Yang Di, ia memerintah tahun 604 M sampai 618 M.

Kaisar kedua dari Dinasti Sui yang berumur pendek muncul dalam literatur apa pun yang menampilkan kisah Kaisar Tiongkok yang mengerikan, dan memang banyak kejahatannya.

Menyukai proyek-proyek besar, lapar untuk menyerang kerajaan tetangga, dan benar-benar dekaden oleh alam.

Keputusannya secara langsung menyebabkan kematian jutaan rakyat jelata Cina, di atas bangkrutnya perbendaharaan Sui.

Sejarawan umumnya menganggap Sui Yang Di sebagai salah satu tiran terburuk China, jika bukan dia adalah kaisar terburuk China yang pernah ada.

Terlepas dari prestasinya, Kaisar Yang umumnya dianggap oleh sejarawan tradisional sebagai salah satu tiran terburuk dalam sejarah Tiongkok.

Alasan untuk pemerintahan dinasti Sui yang relatif singkat.

Kampanyenya yang gagal melawan Goguryeo, dan wajib militer yang dikenakan kepada mereka.

Baca Juga: Walau Tidak Kejam Atau Menindas, Inilah Han Ai Di Kaisar Cina 'Homo' yang Tergila-Gila Dengan Kekasih Prianya, Sampai Rela Dibodohi Sampai Kerajaannya Runtuh

Ditambah dengan peningkatan pajak untuk membiayai perang ini, dan kerusuhan sipil sebagai akibat dari perpajakan ini, pada akhirnya menyebabkan kejatuhan dinasti.

Untuk memberikan beberapa indikasi numerik tentang pemerintahannya yang mengerikan.

Rekonstruksi Tembok Besar yang dilakukannya mengakibatkan enam juta pekerja kehilangan nyawa mereka.