Find Us On Social Media :

Ini Jelaskan Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 13 Mei 2022 | 14:05 WIB

(Ilustrasi) Ini jelaskan apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN.

Intisari-Online.comASEAN yang adalah kepanjangan dari Association of South East Nations, merupakan organisasi yang dibentuk untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di negara-negara Asia Tenggara.

Lalu, apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN?

Indonesia sebagai salah satu pendirinya tentunya memiliki peran besar dalam bidang ekonomi di organisasi ASEAN tersebut.

Indonesia sudah melakukan banyak hal untuk mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara.

Salah satu contoh dalam apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN antara lain adalah Indonesia sebagai salah satu negara yang memprakarsai terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Indonesia juga pelopor dan pendiri ASEAN Free Trade Area (AFTA), yang menjadi tonggak berdirinya kawasan perdagangan bebas di Asia Tenggara.

Dengan keberadaan AFTA, maka produk-produk dari negara ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global, dan ini sesuai dengan tujuan awal dibentuknya AFTA, yaitu menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif.

Berikut ini jawaban dari apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN.

1. Pemrakarsa Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN didukung penuh oleh Indonesia.

MEA merupakan bentuk integritas ekonomi ASEAN yang berada di kawasan Asia Tenggara yang menerapkan sistem perdagangan bebas.

Pada KTT ASEAN ke-9 tahun 2003, AEC atau ASEAN Economic Community resmi didirikan atas saran dan masukan dari Indonesia.