Ini Penjelasan Peran Indonesia Sebagai Produsen, Distributor, dan Konsumen di ASEAN

K. Tatik Wardayati

Editor

Jelaskan peran Indonesia dalam produsen, distributor, dan konsumen ASEAN.
Jelaskan peran Indonesia dalam produsen, distributor, dan konsumen ASEAN.

Intisari-Online.com – Ini penjelasan peran Indonesia sebagai produsen, distributor, dan konsumen di ASEAN.

ASEAN yang merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations ini tempat Indonesia tergabung dan sekaligus menjadi pendiri organisasi peserikatan negara-negara di Asia Tenggara tersebut.

Indonesia sebagai pendiri ASEAN tentunya memiliki peranan penting dalam bidang ekonomi, termasuk sebagai produsen, distributor, dan konsumen di ASEAN.

Kementerian Perdagangan mencatat, menjelang akhir tahun 2021 lalu, ekspor ke kawasan ASEAN memberikan kontribusi sebesar 23,2 persen dari total ekspor global Indonesia.

Ini menunjukkan bahwa ASEAN menjadi pasar yang menjanjikan bagi ekspor Indonesia.

Inilah penjelasan peran Indonesia sebagai produsen, disributor, dan konsumen di ASEAN.

Beberapa contoh komoditas ekspor yang menjadikan Indonesia sebagai produsen di ASEAN.

Bahan bakar mineral

Indonesia merupakan salah satu negara pemasok batu bara terbesar di dunia, tak heran bila bahan bakar mineral tersebut juga diekspor ke negara-negara di ASEAN, seperti Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Filipina, menjadi pasar terbesar ketiga ekspor batu bara Indonesia.

Minyak kelapa sawit

Sekitar 70 persen produksi minyak kelapa sawit Indonesia menempati pangsa pasar global.

Negara ASEAN yang menjadi pasar ekspor minyak sawit Indonesia, seperti Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Vietnam.

Hasil pertanian

Menurut Kementerian Perdagangan, komoditas pertanian yang menempati pasar ekspor Indonesia, yaitu karet, kopi, dan kakao beserta produk olahannya, dll.

Tembakau

Singapura merupakan pangsa pasar terbesar untuk ekspor tembakau olahan Indonesia, dengan nilai mencapai 36,1 juta dollar AS atau sekitar 18,77 persen dari total pasar global tembakau olahan pada periode 2021 lalu.

Kamboja mendominasi pangsa pasar ekspor rokok kretek Indonesia, yakni sebsar 117,77 juta dollar AS atau sekitar 25,2 persen.

Sebagai distributor, Indonesia memiliki peran dalam mengirimkan barang-barang yang diekspor oleh negara-negara di Asia Tenggara tersebut.

Sementara, sebagai konsumen, Indonesia membeli barang-barang negara ASEAN untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri lewat kegiatan impor barang-barang.

Baca Juga: Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN, Ini Terpenting!

Baca Juga: Peran Indonesia dalam Berdirinya ASEAN, Diapresiasi Dewan Keamanan PBB

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait