Find Us On Social Media :

Tidak Ada Hubungannya dengan Piramida Mesir, ‘Piramida China’ Sebagai Makam Kaisar Dibangun Atas Kepercayaan Kaisar China yang Dapat Mandat Langsung dari Surga, Baru Dua yang Berhasil Digali Arkeolog

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:30 WIB

Mausoleum Kaisar Wu dari Dinasti Han, yang mirip dengan 'piramida'.

Intisari-Online.comKompleks pemakaman kaisar China pertama dari Dinasti Qin (abad ke-3 SM) adalah salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia.

Ya, tentu saja, ini karena ditemukannya patung tentara terkota yang dimaksud untuk menemani kaisar di akhirat.

Meski patung-patung itu sudah diketahui, fakta bahwa makam yang tepat, masih belum digali, letaknya di bawah bukit buatan yang terbuat dari tanah yang diurug.

Bukit itu berbentuk bujur sangkar, sisi alasnya lebih dari 350 meter dan tingginya lebih dari 40 meter, sehingga dengan mudah bisa disebut piramida China.

Namun, juga belum diketahui fakta bahwa semua kaisar dari dinasti berikutnya, Han Barat, memilih untuk dimakamkan di bawah piramida serupa.

Mausoleum ini masih terlihat hingga hari ini di dalam lanskap yang berkembang pesat di sekitar barat laut Xian di sepanjang Sungai Wei.

Termasuk makam para ratu dan anggota keluarga lainnya, ada lebih dari 40 ‘piramida China’ semacam itu, dan dari jumlah tersebut, hanya dua yang telah digali.

Penelitian baru yang merupakan bagian dari program penelitian ekstensif tentang peran astronomi dan doktrin tradisional ‘feng shui’ di pekuburan kekaisaran China baru saja diterbitkan dalam jurnal akademik Penelitian Arkeologi di Asia.

Pekerjaan teknik sederhana berdasarkan citra satelit digunakan, bersama dengan survei lapangan, untuk mengumpulkan sejumlah besar data baru, dan mempelajari orientasi dasar piramida.

Kalau piramida Mesir berorientasi dengan presisi tinggi ke titik-titik kardinal berdasarkan ikatan kuat dari agama pemakaman firaun Mesir dengan langit dan khususnya dengan bintang-bintang sirkumpolar.

Meskipun tidak ada hubungan dengan piramida Mesir, kaisar China juga menganggap kekuatan mereka sebagai mandat langsung dari surga, sehingga mengidentifikasi wilayah sirkumpolar sebagai citra surgawi dari istana kekaisaran dan penduduknya.

Maka, wajar  untuk mengharapkan piramida China sebagai makam kaisar, berorientasi pada titik mata angin, seperti hasil dari penelitian baru, melansir Ancient Pages.