Find Us On Social Media :

Ritual Chaharshanbe Soori, Festival Api Kuno di Iran, Ritual Lompati Api untuk Hilangkan Pucat dan Masalah, Tergantikan Energi dan Kehangatan, Jangan Lupa Makan Kacang Ini Agar Keinginan Jadi Nyata

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 11 Mei 2022 | 11:00 WIB

Chaharshanbe Soori, ritual melompati api di Iran.

Intisari-Online.comChaharshanbe Soori merupakan festival api kuno yang dirayakan oleh warga Iran, diadakan pada malam Rabu terakhir tahun kalender Iran.

Festival Chaharshanbe Soori ini penuh dengan adat dan ritual khusus, terutama melompati api.

Kembang api dan api unggun secara tradisional menandari hari Rabu terakhir tahun Persia.

Saat matahari terbenam, orang-orang  Iran menyalakan api dan berkumpul untuk melompati api.

Saat mereka melakukan hal itu, mereka menyanyikan menyanyikan "zardi-ye man az toh, sorkhi-ye toh az man", yang berarti kuningku milikmu, merahmu milikku.

Dalam ritual ini, mereka meminta api untuk mengambil pucat dan masalah mereka, lalu sebagai balasannya memberi mereka energi dan kehangatan.

Banyak tradisi yang berbeda yang diikuti pada malam ini di berbagai kota di Iran.

Melompati api dan membeli campuran kacang manis dan asam dilakukan di hampir setiap kota di Iran.

Dipercaya bahwa memakan kacang ini di Festival Chaharshanbe Soori akan membuat keinginan Anda menjadi kenyataan.

Lalu, salah satu kegiatan seru yang dilakukan setelah lompat api pada malam itu dan mirip dengan Trick or Treat  malam Halloween.

Pria dan wanita menutupi wajah mereka agar tidak dikenali dan pergi ke pintu tetangga mereka membuat kebisingan dengan memukul mangkuk dengan sendok untuk memberi tahu anggota rumah.

Ketika anggota rumah mendengar suara itu, maka salah satu dari mereka datang ke pintu, mengambil mangkuk, lalu mengisinya dengan Ash (sup Persia) atau permen dan membawanya kembali ke orang yang ada di depan pintu.