Find Us On Social Media :

Sempat Kapok Kobarkan Perang dan Bantuan Barat Cuma Bikin Dirinya Makin Pusing, Kini Zelensky Galang Dana dari Seluruh Dunia untuk Bantu Ukraina Menangkan Perang

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 6 Mei 2022 | 15:24 WIB

(Ilustrasi) Perang Rusia-Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Intisari-Online.com - Pada bulan Maret lalu, Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengatakan bahwa negara-negara Barat membantu Ukraina, tetapi Kiev belum mampu membalasnya.

"Uang yang dialokasikan oleh Eropa dan negara-negara lain dihabiskan hanya untuk bantuan kemanusiaan atau senjata."

"Terkadang kami menerima senjata secara langsung, tetapi Anda harus memahami bahwa segala sesuatu ada harganya," katanya sebagaimana diwartakan TASS.

"Setiap kali uang yang kami dapatkan... yah, semuanya datang dengan biaya, itu tidak gratis."

Presiden Ukraina mengatakan NATO tidak menawarkan perlindungan kepada negaranya.

“Yang kita butuhkan saat ini bukanlah kata-kata, tetapi jaminan keamanan dari negara-negara dan serikat-serikat negara yang mampu menyediakannya,” katanya. "Kami tidak ingin mengobarkan perang lagi."

Meski begitu melansir Kompas.com, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis (5/5/2022) meluncurkan platform penggalangan dana global, untuk membantu Kyiv memenangi perang melawan Rusia dan membangun kembali infrastruktur negara itu.

"Dalam satu klik, Anda dapat menyumbangkan dana untuk melindungi para pembela kami, untuk menyelamatkan warga sipil kami, dan untuk membangun kembali Ukraina," kata Zelensky dalam bahasa Inggris di video Twitter-nya.

Platform penggalangan dana tersebut bernama United24.

"Setiap donasi penting untuk kemenangan," lanjut Zelensky.

Kantor berita AFP melaporkan, sembilan minggu setelah invasi Rusia, kota-kota Ukraina mengalami kehancuran besar.

"Semua dana akan ditransfer ke bank nasional Ukraina dan dialokasikan ke kementerian terkait," kata Zelensky seraya menunjukkan bahwa pemerintahnya akan memberikan pembaruan setiap 24 jam tentang bagaimana uang itu digunakan.