Find Us On Social Media :

Bukan Inggris Atau Amerika, Justru Negara Ini yang Tercatat Sudah Berperang Dengan Rusia Hingga 12 Kali, Bahkan Pernah Memojokkan Rusia Sampai Kalah

By Afif Khoirul M, Minggu, 1 Mei 2022 | 11:17 WIB

Ilustrasi - Tentara Rusia

Intisari-online.com - Rusia dalam sejarah muncul dari abad ke-9, bertempur dengan banyak kekuatan kuat seperti Kekaisaran Romawi Timur, Kekaisaran Mongol, Kerajaan Swedia, Kadipaten Agung Lithuania, tetapi lawan memiliki banyak hubungan takdir, terutama Turki.

Selama empat dekade, Kekaisaran Rusia dan Kekaisaran Ottoman, juga dikenal sebagai Kekaisaran Turki.

Telah berulang kali bentrok dalam pertumpahan darah untuk menguasai tanah di pantai Laut Hitam, Balkan dan Kaukasus.

Dari pertengahan abad ke-16 hingga akhir Perang Dunia I, kedua kerajaan berperang 12 kali.

Rata-rata, tentara Rusia dan Turki bentrok di medan perang setiap 25 tahun, menurut surat kabar Rusia RBTH.

Bentrokan pertama antara Rusia dan Turki tercatat pada 1541.

Saat itu, Sahib I Giray, khan Khanate Krimea, meluncurkan kampanye militer melawan Moskow dan meminta Ottoman untuk membantu baterai artileri Ottoman.

Dalam pertempuran kecil tahun itu, Rusia meraih kemenangan besar, mengalahkan Tatar, sebuah kelompok etnis Turki di Krimea dan menghancurkan banyak meriam.

Baca Juga: Tengah Serang Ukraina Besar-besaran, Mendadak Vladimir Putin Diduga Idap Penyakit Mematikan Ini, Langsung Serahkan Kekuasaan Kepada Mantan Kepala KGB Garis Keras Ini

Sejak itu, kekaisaran Rusia telah berkembang lebih jauh ke selatan, merebut Kazan (1552) Astrakhan (1556) dan memberikan tekanan besar pada kaisar Ottoman Selim II.

Kaisar tahu bahwa perlu untuk mendorong Rusia dari perbatasan dan mengakhiri pengaruh Rusia di Krimea.

Namun, penaklukan kaisar Selim II tidak berakhir dengan kemenangan. Pada 1569, Turki kalah perang dengan Rusia di Astrakhan.