Find Us On Social Media :

Inilah Bangkai Kapal Paling Mematikan dalam Sejarah, Salah Satunya Kapal Uap Penumpang China yang Isinya Lebihi Jumlah Kapasitas dengan Penumpang Gelap

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 22 April 2022 | 17:30 WIB

Kapal Lusitania

Intisari-Online.com – Kita bisa melihat kapal karam dengan berbagai cara, meski cuma melihat dalam buku sejarah atau cerita dari para pendahulu kita.

Beberapa di antara kapal karam itu bisa menjadi bukti peristiwa sejarah, sebagai sarana pemahaman kita tentang masa lalu.

Tidak adanya kehidupan manusia sangat jelas terlihat dalam kapal-kapal karam itu.

Berikut ini beberapa bangkai kapal karam yang mematikan sepanjang sejarah.

1. RMS Lusitania

Pada 6 Oktober 1935, bangkai salah satu kapal penumpang terbesar, yang sebelumnya membawa hampir 2.000 orang, ditemukan di lepas pantai selatan Irlandia.

RMS Lusitania terletak cukup jauh di tempatnya tenggelam setelah terkena torpedo, yang ditembakkan dari kapal selam Jerman pada 7 Mei 1915, sembilan tahun setelah pertama kali berlayar.

Belakangan diketahui bahwa, selain penumpang 1960-nya, RMS Lusitania membawa lebih dari 150 ton amunisi, terdapat 761 orang yang selamat.

2. SS Sultana

SS Sultana, sebuah kapal uap roda samping, yang dirancang untuk membawa 376 penumpang, namun terdapat 2.137 orang di dalamnya ketika boiler yang rusak meledak di dekat Memphis Utara pada 27 April 1865.

Tidak ada yang pernah dimintai pertanggungjawaban atas apa yang merupakan bencana maritim terburuk di Sejarah Amerika Serikat.

Ini sebagian besar karena kombinasi korupsi dan waktu yang buruk, karena insiden itu terjadi dua belas hari setelah pembunuhan Lincoln.