Find Us On Social Media :

Termasuk Punya Cadangan Gas Terbesar di Dunia, Vladimir Putin Ungkap Bahaya Mengerikan Negara-Negara yang Ogah Beli Gas Dari Rusia, Dunia Bisa Terancam Hal Ini

By Afif Khoirul M, Minggu, 17 April 2022 | 09:16 WIB

(Ilustrasi) Vladimir Putin - Rusia beri ancaman mengerikan kepada tentara bayaran Barat di Ukraina.

Intisari-online.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa dua minggu setelah Moskow menetapkan "tenggat waktu" untuk membeli gas Rusia dalam rubel (31 Maret).

Masih banyak "negara yang tidak bersahabat" masih menolak untuk membayar sesuai dengan peraturan.

"Bank-bank di negara-negara yang tidak bersahabat ini menunda pengiriman uang untuk pembayaran gas ke Rusia," kata Putin pada pertemuan tentang pengembangan industri ekspor energi Rusia, yang disiarkan di berbagai saluran TV di negara itu pada 15 April.

Sebelumnya, Presiden Putin memberi wewenang kepada pemerintah, Bank Sentral, dan Bank Gazprom untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memaksa "negara-negara yang tidak bersahabat" beralih ke pembayaran gas alam Rusia dalam rubel tembaga, mulai 31 Maret.

Menurut beberapa ahli, ini adalah langkah untuk membantu Rusia mengurangi dampak sanksi dari Barat.

Menurut Moskow, "negara-negara yang tidak bersahabat" tertentu dapat membuka rekening di Gazprombank.

Pembayaran dalam euro dan USD melalui akun ini akan dikonversi ke rubel.

Rusia percaya bahwa membayar gas dalam rubel melalui Gazprombank tidak menimbulkan kesulitan bagi pelanggan Barat.

Baca Juga: Amerika Kecewa Berat pada India Karena Lakukan Hal Ini di Tengah Perang Rusia Ukraia, Ini yang Dikatakan India

Namun, banyak negara Uni Eropa, importir terbesar gas Rusia, seperti Prancis dan Jerman telah menyuarakan keberatan mereka terhadap proposal dari Moskow.

Mereka berusaha untuk membatasi, bahkan menyerukan tanggapan bersama untuk menghentikan impor energi kuantitas Rusia.

"Langkah seperti itu dapat menimbulkan konsekuensi yang menyakitkan, terutama bagi mereka yang memprakarsainya," kata Putin, seraya mencatat bahwa Rusia dapat memberikan energi kepada banyak mitra lain di seluruh dunia di masa depan.