Find Us On Social Media :

Terciduk Lakukan Transaksi Terselubung di Eropa, Negara Ini Diam-diam Datangkan Berbagai Senjata Militer dari China, Terungkap Alasanya Lakukan Transaksi Diam-diam dengan China

By Tatik Ariyani, Selasa, 12 April 2022 | 16:34 WIB

Pesawat Y-20 milik China dikirimkan ke Serbia

Intisari-Online.com - Di tengah perang Rusia Ukraina yang masih berlangsung, China diam-diam lakukan transaksi penjualan senjata dengan negara di Eropa ini.

China dilaporkan telah mengirim sistem anti-pesawat canggih ke Serbia dalam operasi terselubung.

Enam pesawat angkut Y-20 Angkatan Udara China mendarat di bandara Nikola Tesla, Beograd, Serbia pada hari Sabtu, menurut media dan pakar militer.

Pesawat-pesawat itu dilaporkan membawa sistem rudal permukaan-ke-udara HQ-22 untuk militer Serbia.

Melansir Daily Express, Senin (11/4/2022), Presiden Serbia, Aleksandar Vucic, mengkonfirmasi pengiriman sistem jarak menengah tersebut.

Vucic mengatakan pada hari Sabtu bahwa ia akan menghadirkan kebanggaan terbaru dari militer Serbia pada hari Selasa atau Rabu.

Majalah online, The Warzone, mengatakan kemunculan Y-20 membuat heran karena mereka terbang secara massal.

Ini menggambarkan kehadiran Y-20 di Eropa dalam jumlah berapa pun sebagai perkembangan yang cukup baru.

Ini juga "sangat mungkin" bahwa Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China menggunakan pengiriman tersebut untuk menunjukkan kemampuan pengangkutan udaranya sendiri mengingat upaya NATO untuk mengangkut pasokan dan material untuk upaya perang Ukraina.

Serbia sendiri memilih mendukung resolusi PBB yang mengutuk serangan Rusia di Ukraina, tetapi telah menolak untuk bergabung dengan sanksi internasional terhadap Moskow.

Sementara itu, pengiriman senjata ke Turki dan Bulgaria, yang merupakan anggota NATO, dipandang oleh para ahli sebagai demonstrasi jangkauan global China yang semakin meningkat.

Aleksandar Radic, seorang analis militer Serbia, mengatakan bahwa China melakukan demonstrasi kekuatan mereka.