Find Us On Social Media :

Inilah Peran Indonesia di ASEAN, Termasuk Penggagas Komunitas Keamanan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 12 April 2022 | 14:50 WIB

Ilustrasi. Peran Indonesia di ASEAN, termasuk sebagai pendirinya.

Intisari-Online.comASEAN, kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nation atau Perhimpunan Bangsa-bangsa di Asia Tenggara, merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara.

Di ASEAN ini, peran Indonesia sangat beragam dan penting, Indonesia juga berperan aktif dalam berbagai kegiatan ASEAN.

Inilah peran Indonesia di ASEAN, di mana Indonesia adalah salah satu pendiri ASEAN, maka Indonesia memiliki peran penting dalam ASEAN.

Berikut ini peran Indonesia di ASEAN, yaitu:

1.Sebagai pendiri ASEAN

Indonesia memiliki peran penting dalam pendirian ASEAN, yang ketika itu diwakili oleh Adam Malik.

Berdirinya ASEAN bermula dari pertemuan antara lima menteri luar negeri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand di Bangkok pada 5-8 Agustus 1967.

Menteri luar negeri kelima negara itu adalah: Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand.

Secara resmi ASEAN didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok.

2. Penggagas komunitas keamanan ASEAN

Salah satu peran Indonesia di ASEAN yang dianggap penting adalah menggagas komunitas keamanan melalui Komunitas Politik Keamanan ASEAN atau ASEAN Security Community (ASC).

ASC ini dibentuk dengan tujuan untuk mempercepat kerja sama politik keamanan di ASEAN demi mewujudkan perdamanan di kawasan Asia Tenggara.