Find Us On Social Media :

Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN? Ini Penjelasannya!

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 7 April 2022 | 11:05 WIB

Ilustrasi. Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN.

Intisari-Online.comASEAN atau Association of Southeast Asian Nation merupakan organisasi yang dibentuk untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di negara-negara Asia Tenggara.

Lalu, apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN?

Indonesia, yang menjadi salah satu negara pendiri ASEAN, tentunya memiliki prean dalam bidang ekonomi di organisasi itu sebagai yang sangat besar.

Indonesia telah banyak melakukan hal untuk mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara.

Menjawab apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN, antara lain adalah Indonesia menjadi salah satu negara yang memprakarsai terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Indonesia juga sebagai pelopor dan pendiri ASEAN Free Trade Area (AFTA), yaitu sebuah organisasi yang sekaligus menjadi tonggak berdirinya kawasan perdagangan bebas di Asia Tenggara.

Dengan adanya AFTA, maka produk-produk dari negara ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global.

Ini sesuai dengan tujuan awal dibentuknya AFTA, yaitu menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif.

Berdirinya ASEAN

ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara adalah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di Asia Tenggara.

Didirikan pada tanggal 8 Agustus 1867, pendirian ASEAN berdasarkan penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh lima negara pendiri ASEAN, yaitu Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Penandatanganan diwakili oleh para menteri luar negeri dari lima negara tersebut, yaitu Adam Malik, Narciso R. Ramos, Tun Abdul Razak, S. Rajaratnam, dan Thanat Khoman.