Find Us On Social Media :

Dikira Sinyal Perang Dari NATO Pada Rusia, Ternyata Ini Alasan Sistem Rudal S-300 dari Slovakia Mendadak Dipindahkan ke Ukraina

By Afif Khoirul M, Minggu, 10 April 2022 | 07:45 WIB

Militer Rusia terus meluncurkan rudal Kinzhal untuk menghancurkan sasaran militer di Ukraina.

Intisari-online.com - Bukan kebetulan bahwa Slovakia menerima transfer satu-satunya sistem pertahanan udara S-300 ke Ukraina.

Menurut RT, Presiden AS Joe Biden mengumumkan pada 8 April bahwa Washington berkomitmen untuk mengirim salah satu sistem rudal pertahanan udara Patriot ke Slovakia.

Untuk menggantikan satu-satunya sistem S-300 yang telah dikirimkan negara NATO ke Ukraina sebelumnya.

"Saya ingin berterima kasih kepada pemerintah Slovakia karena menyediakan sistem S-300 ke Ukraina," katanya.

"Salah satu dari sejumlah keinginan yang Presiden Ukraina komunikasikan secara pribadi kepada saya dalam percakapan baru-baru ini," kata Biden dalam sebuah pernyataan pidato yang berjanji untuk menyampaikan Patriot rudal ke Slovakia.

Presiden AS juga memperingatkan "kesombongan" dalam tanggapan NATO terhadap kampanye militer Rusia di Ukraina.

"Ketika militer Rusia ditempatkan kembali ke fase berikutnya dari kampanye militer, saya telah mengarahkan pemerintah AS untuk terus menyediakan senjata canggih yang diperlukan bagi militer Ukraina untuk dapat mempertahankan diri," kata Biden.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berjanji untuk mengirimkan salah satu sistem Patriot ke Slovakia dalam "hari-hari mendatang", sementara mengakui tidak ada waktu pengiriman "tetap".

Washington juga berkonsultasi dengan pemerintah Slovakia tentang solusi pertahanan udara yang lebih permanen.

Baca Juga: Indonesia Kena Kecam Barat Gara-Gara Tak Keluarkan Rusia dari G20, Media Australia Ini Malah Bongkar Jasa Besar Uni Soviet Pada Indonesia di Masa Lalu dan Hubungan Dengan Ukraina

Namun, menteri pertahanan AS menekankan bahwa penyebaran sistem Patriot ke Slovakia "sepenuhnya konsisten" dengan upaya Washington untuk memperkuat kemampuan pertahanan udara NATO.

Dalam beberapa pekan terakhir, Amerika Serikat terus mentransfer senjata dan bantuan militer lainnya untuk membantu Ukraina berurusan dengan Rusia.