Find Us On Social Media :

Tentara Profesional Pertama dalam Sejarah dan Terkuat, Inilah 12 Pangkat Perwira Militer Romawi dan Apa yang Mereka Lakukan

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 9 April 2022 | 10:00 WIB

Tentara Romawi, tentara profesional pertama dalam sejarah.

Intisari-Online.com – Apa yang ada dalam benak Anda ketika membicarakan tentang tentara Romawi, apakah kekuatan dan baju besi mereka?

Tentara Kekaisaran Romawi menjadi tentara pertama yang benar-benar profesional dalam sejarah, dan menjadi inspirasi bagi tentara Eropa.

Meskipun para perwiranya tidak memiliki gelar yang sama dengan rekan-rekan mereka, namun banyak tugas yang sama yang harus dipenuhi.

Ada tingkatan yang berbeda, termasuk yang setara dengan tentara modern, tetapi masing-masing memiliki perannya masing-masing.

Inilah 12 tingkatan pangkat militer yang ada di tentara Kekaisaran Romawi.

1. Tribunus laticlavius

Tribunus laticlavius ​​adalah komandan kedua dari sebuah legiun, peran perwira paling junior dari kelas senator.

Di sinilah sebagian putra senator memulai dinas militer di akhir usia belasan atau awal dua puluhan.

Mereka tinggal di pos komando akhir menengah minimal satu tahun, lalu kembali ke kehidupan sipil, suatu hal yang umum bila mereka ditempatkan di legiun yang dikomandoi oleh anggota keluarga atau teman.

2. Legatus legionis

Legiun legatus memimpin sebuah legiun, kekuatan yang hanya berjumlah kurang dari 5000 orang yang dibagi menjadi sepuluh koho, biasanya pria berusia awal 30-an yang telah memilih karier militer.

3. Proparetor Legatus Augusti