Find Us On Social Media :

Inilah ‘Setan Berbentuk Kuda’ Kelpie, Makhluk Supranatural dari Legenda Skotlandia, yang Memikat Manusia untuk Menungganginya, Membawanya ke Sungai, Lalu Membinasakannya

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 8 April 2022 | 11:35 WIB

Kelpie, kuda supranatural dari legenda Skotlandia.

Intisari-Online.comRoh kuda air dari cerita rakyat Skotlandia ini adalah seekor Kelpie.

Dalam legenda Skotlandia, makhluk supranatural dengan tubuh kuda ini memikat manusia untuk menungganginya.

Perilaku ini terbukti sangat berbahaya bagi manusia yang menungganginya, karena Kelpie tiba-tiba membawa penunggangnya ke sungai atau danau, lalu terjun ke perairan, dan … binasa.

Meski dikaitkan dengan alam peri, namun Kelpie tidak terlalu menakutkan dibandingkan makhluk lain dari negeri dongeng mereka.

Kelpie dalam legenda Skotlandia digambarkan menghuni air yang mengalir, yang mengubah bentuk dirinya.

Menurut mereka, biasanya Kelpie muncul dalam bentuk kuda hitam atau kuda poni yang indah, kuat, dan berjalan sendirian di pantai.

Terkadang mereka mengambil bentuk pria yang tampak lusuh.

Salah satu karakteristik umum Kelpie adalah kukunya terbelakang dibandingkan dengan kuda rata-rata.

Tetapi, Kelpie Skotlandia selalu menakutkan dan sangat berbahaya bagi manusia, tidak peduli penampilannya seperti apa, karena tujuan makhluk itu hanya satu, yaitu memangsa setiap manusia yang ditemuinya.

Digambarkan sebagai kuda yang sedang merumput dengan damai, Kelpie juga dikenal sebagai ‘setan berbentuk kuda’, yang dengan mudah memikat para pengembara untuk menungganginya, lalu tidak ada yang bisa mengubah nasib korban Kelpie.

Cerita yang lebih menakutkan menyebutkan bahwa Kelpie menghilang di air, lalu memakan korbannya, terutama hatinya.

Cara lain mereka untuk mencapai tubuh manusia adalah dengan melompat ke atas penunggang kuda yang kesepian yang membuat kudanya gila sehingga membahayakan penunggangnya, meremukkan tubuhnya dalam genggaman mereka yang kuat, dan bahkan mencabik-cabik orang dan memakannya.